Apakah Tidak Apa-Apa Jika Kita Sarapan Dengan Buah?

DokterSehat.Com – Karena begitu padatnya waktu di pagi hari, banyak orang yang tidak sempat melakukan sarapan. Untuk menggantinya, mereka pun berinisiatif mengambil buah-buahan yang sehat dan kaya nutrisi. Logikanya, dengan mengkonsumsi buah, maka mereka bisa mendapatkan asupan yang bergizi yang baik untuk kesehatan tubuh. Namun, apakah memang tidak apa-apa jika kita sarapan hanya dengan mengkonsumsi buah saja?

doktersehat-anak-kecil-buah-sehat

Pakar kesehatan diet Eileen Canday dari Breach Candy Hospital ternyata menyebutkan bahwa hal ini kurang tepat untuk dilakukan. Meskipun memiliki nutrisi yang menyehatkan tubuh, dalam realitanya vitamin dan mineral pada buah-buahan tidak akan mampu memenuhi kebutuhan energi untuk beraktifitas seharian.

Menurut Canday, sarapan yang sehat adalah yang mampu memberikan asupan protein, serat, kalsium, dan juga vitamin C. Dengan adanya asupan-asupan tersebut, maka kita bisa mendapatkan energi yang cukup untuk melakukan berbagai aktifitas seharian. Selain itu, sarapan yang tepat bisa membantu kita menurunkan rasa lapar berlebihan di antara waktu makan sehingga kita pun tidak akan mengkonsumsi camilan yang tidak sehat diantara waktu tersebut. Hal ini tentu sangatlah berbeda andai kita hanya mengkonsumsi buah saat sarapan dimana jauh sebelum waktu makan siang tiba, perut sudah akan merasa keroncongan.

Salah satu asupan yang sangat penting untuk dikonsumsi saat sarapan adalah protein. Bagaimana tidak, protein yang kita konsumsi bisa menjadi sumber energi sekaligus menghindarkan tumpukan lemak pada tubuh. Tak hanya itu, protein juga akan membuat kita merasa kenyang dalam waktu yang lebih lama.

Lantas, kapan waktu yang tepat untuk mengkonsumsi buah-buahan? Canday menyarankan kita untuk menkonsumsi buah sebagai camilan di siang hari atau sebagai tambahan nutrisi setelah mengkonsumsi sarapan. Tak hanya membuat tubuh lebih bugar, buah juga mampu membantu kita mengendalikan berat badan.