Apakah Tidak Apa-Apa Jika Kita Minum Air Es Setelah Makan?

DokterSehat.Com– Banyak orang yang sengaja memilih untuk minum air es setelah makan karena berpikir jika hal ini akan menambah kenikmatan. Sebagai contoh, kebanyakan orang akan memilih untuk memesan es teh saat makan di warung atau restoran, bukan? Sebenarnya, apakah kebiasaan minum air es setelah makan tidak berbahaya bagi kesehatan?

doktersehat-air-minum-es

Laman kesehatan Step to Health belakangan ini menyebutkan bahwa kebiasaan minum air es setelah makan mampu memicu gangguan pencernaan. Suhu dingin dari air es yang kita minum ternyata bisa mengubah konsistensi makanan yang sudah masuk dan membuatnya lebih sulit untuk dicerna oleh tubuh. Hal ini bahkan bisa menjadi semakin parah jika kita mengkonsumsi makanan berlemak. Lemak pun akan menjadi semakin keras dan membuat pencernaan menjadi semakin lambat. Hal ini ternyata bisa memicu gangguan refluks asam lambung.

Konsumsi air es setelah makan juga bisa membuat asam untuk memecah makanan menjadi semakin encer sehingga membuat proses pencernaan menjadi lebih lambat. Bukannya menjadi lebih bertenaga karena perut yang sudah terisi, proses ini justru akan membuat kita merasa lesu atau lelah setelah makan yang tentu akan mengganggu aktifitas harian.

Bagi sebagian orang, minum air es setelah makan bisa memicu sakit perut atau perut kembung karena makanan yang mengembang di dalam perut. Selain itu, jika kita terbiasa minum air es demi mengatasi rasa pedas dari makanan, maka hal ini justru akan meningkatkan resiko terkena diare. Mereka yang memiliki masalah gigi sensitif juga akan mengalami masalah nyeri pada gigi jika terkena suhu dingin dari air es. Hal ini bisa saja berlanjut menjadi sakit kepala atau migrain.

Baca Juga:  Meski Cuaca Panas Terik, Ada Baiknya Kita Tidak Mengkonsumsi Minuman Ini

Melihat adanya fakta ini, pakar kesehatan lebih merekomendasikan kita untuk meminum air dengan suhu biasa saja agar proses pencernaan menjadi lebih lancar dan tidak akan memicu gangguan kesehatan pada perut.