Apakah Tidak Apa-Apa Jika Kita Menggunakan Produk Perawatan Kulit Sekaligus?

DokterSehat.Com– Banyak orang yang mengalami beberapa masalah kulit sekaligus layaknya jerawat, kulit berminyak, kulit kusam, atau komedo secara bersamaan. Karena banyaknya masalah kulit yang muncul, maka kita pun akhirnya memilih untuk menggunakan beberapa produk perawatan kulit sekaligus untuk mengatasinya secara bersamaan. Sebagai contoh, kita menggunakan salep yang bisa mengatasi jerawat namun juga tetap tidak melupakan penggunaan krim pelembab agar tidak terkena masalah keriput. Sebenarnya, apakah hal ini cukup aman untuk dilakukan?

doktersehat-perawatan-wajah-masker-muka

Pakar kesehatan kulit Michael Lin, MD, yang berasal dari Beverly Hills, California, Amerika Serikat, menyebutkan bahwa jika kita menggunakan produk perawatan kulit bersamaan, maka yang terjadi justru salah satu produk ini tidak akan terserap dalam kulit dengan maksimal sehingga manfaatnya pun menjadi tidak bisa kita dapatkan. Namun, bukan berarti kita tidak bisa menggunakan produk perawatan kulit ini secara bersamaan.

Menurut dr. Lin, kita bisa menggunakan produk perawatan kulit yang cenderung memiliki tingkat kekentalan yang paling rendah terlebih dahulu. Setelah itu, biarkan produk ini mengering dan meresap dan barulah kita menerapkan produk perawatan kulit yang lebih kental. Sebagai contoh, kita bisa menggunakan serum terlebih dahulu, lalu, bisa kita lanjutkan dengan produk yang berbentuk gel, dan barulah kita menggunakan lotion, krim, dan lalu salep.

Hanya saja, ada baiknya kita tidak asal-asalan dalam menggunakan produk perawatan kulit secara bersamaan karena bisa jadi hal ini akan memicu iritasi pada kulit. Beberapa jenis produk perawatan kulit ternyata memiliki bahan layaknya asam salisilat, asam glikolat, asam laktat, asam mandelik, hingga retinoid yang andai dikombinasikan dalam kulit, maka kita akan beresiko tinggi mengalami iritasi dengan sensasi layaknya terbakar, pembengkakan, hingga kulit kemerahan. Jika kita ingin aman untuk menggunakan produk perawatan kulit secara bersamaan, kita bisa berkonsultasi terlebih dahulu pada dokter kulit.