Apakah Tidak Apa-Apa Jika Kita Mencuci Tangan Dengan Sabun Cuci Piring?

DokterSehat.Com – Setelah memasak atau makan, banyak orang yang ternyata memilih untuk mencuci tangannya dengan sabun cuci piring. Mereka berpikir jika karena sama-sama berupa sabun yang berfungsi sebagai pembersih, maka sabun cuci piring pun bisa dipakai untuk membersihkan tangan mereka. Sebenarnya, apakah tidak apa-apa jika kita mencuci tangan dengan sabun cuci piring?

doktersehat-cuci-tangan-sabun

Pakar kesehatan kulit yang berasal dari New York bernama Kally Papantoniou, MD, berkata bahwa kebiasaan ini memang dilakukan oleh banyak orang di seluruh dunia. Sayangnya, menurut Kally, meskipun memang memiliki fungsi sebagai pembersih dan diklaim mampu membersihkan berbagai kotoran dan membunuh bakteri, bukan berarti sabun cuci piring ini bisa secara sembarangan dipakai untuk mencuci tangan kita.

Menurut Kally, jika kita rutin membersihkan tangan dengan sabun cuci piring, berbagai bakteri memang bisa hilang dari tangan kita, namun, yang terjadi adalah kulit tangan kita beresiko mengalami berbagai masalah kulit. Sebagai informasi, sabun cuci piring telah dibentuk untuk membersihkan kandungan minyak dan bau tak sedap yang menempel pada peralatan makan atau memasak yang tentu akan sulit dibersihkan dengan sabun biasa. Alhasil, sabun ini cenderung lebih keras jika dibandingkan dengan jenis sabun lainnya. Jika kita sebelumnya mengalami masalah kulit kering atau eksim, sering membersihkan tangan dengan sabun cuci piring ini bisa membuat kulit kita gatal-gatal, terkelupas, dan terkena iritasi.

Memang, jika kita yang tidak mengalami masalah kulit kering atau eksim, sesekali menggunakan sabun cuci piring ini untuk mencuci tangan setelah makan atau memasak tidak akan menimbulkan masalah-masalah tersebut. Namun, Kally lebih menyarankan kita untuk menggunakan sabun cuci tangan saja yang lebih lembut dan aman bagi kesehatan kulit tangan.