Apakah Tidak Apa-Apa Jika Berolahraga Sambil Hujan-Hujanan?

DokterSehat.Com– Memasuki musim hujan, kita tentu akan terbiasa untuk melihat hujan yang turun hampir setiap hari. Tak hanya datang di sore atau malam hari, kadangkala hujan juga bisa turun di pagi hari sehingga membuat kita yang sedang berolahraga di luar rumah harus hujan-hujanan. Sebenarnya, apakah tidak apa-apa jika kita berolahraga sambil hujan-hujanan?

doktersehat-anak-kecil-hujan

Pakar kesehatan dari Jepang melakukan sebuah penelitian yang hasilnya kemudian dipublikasikan dalam jurnal berjudul International Journal of Sports Medicine. Dalam penelitian ini, terdapat 7 orang yang diminta untuk berlari sambil hujan-hujanan dan saat cuaca cerah selama setengah jam. Mereka kemudian diukur kondisi pernafasannya, suhu kulit, penyerapan oksigen, aktifitas otot, dan kadar stress dalam tubuh. Yang tidak disangka adalah, mereka yang berlari sambil hujan-hujanan ternyata merasa lebih bugar dan justru mampu membakar kalori dengan lebih banyak dibandingkan dengan saat berolahraga dalam cuaca yang baik.

Melihat adanya fakta ini, sepertinya memang tidak apa-apa untuk berolahraga meski sambil hujan-hujanan. Hanya saja, ada baiknya kita juga mewaspadai kemungkinan tempat dimana kita berolahraga menjadi lebih basah dan lebih licin sehingga kita pun akan lebih beresiko untuk terpeleset dan mengalami cedera.

Berikut adalah beberapa tips yang bisa kita lakukan agar tetap aman dan sehat untuk berolahraga meski cuaca sedang hujan.

Jangan berlari saat hujan sangat deras dan berangin
Hujan ringan atau gerimis tentu tidak akan menghambat olahraga lari. Hanya saja, jika hujan sudah sangat deras atau bahkan berangin, ada baiknya kita tidak lagi melanjutkannya karena berbahaya.

Memakai perlengkapan olahraga tahan air
Pakailah jaket parasut yang tahan air dan angin dan gunakan pula celana anti air yang membuat tubuh akan tidak mudah basah. Tak hanya itu, pastikan untuk memakai sepatu dengan grip yang kuat agar tidak mudah terjatuh.

Memakai pakaian berwarna mencolok
Kondisi hujan akan cenderung membuat kondisi luar rumah menjadi lebih gelap. Gunakan baju berwarna mencolok yang bisa membuat kita mudah terlihat, apalagi jika berlari di pinggir jalan raya. Hanya saja, ada baiknya memang kita tidak berolahraga dekat dengan jalan raya karena adanya resiko kecelakaan.

Mandi air hangat setelah melakukannya
Setelah berolahraga sambil hujan-hujanan, mandilah dengan air hangat agar memperlancar aliran darah dan menyehatkan persendian, tendon, jaringan, serta otot-otot tubuh.