Apakah Testis yang Kecil Bisa Mempengaruhi Kesuburan Pria?

DokterSehat.Com– Beberapa pria mengaku memiliki ukuran testis yang cenderung kecil dan mengkhawatirkan hal ini karena dianggap mampu mempengaruhi kemampuan seksualitasnya atau bahkan kesuburannya. Apakah hal ini memang benar adanya?

doktersehat-seks-penis-pasangan-testis

Pakar kesehatan menyebutkan bahwa ukuran testis memang bisa mempengaruhi produksi sperma. Semakin kecil ukuran testis yang dimiliki oleh pria, maka produksi spermanya juga akan lebih sedikit jika dibandingkan dengan testis yang berukuran lebih besar. Beruntung, menurut pakar kesehatan, hal ini ternyata tidak akan berpengaruh besar bagi kesuburan pria. Meskipun produksi spermanya lebih sedikit, namun jika kualitas sperma ini tergolong sehat dan memiliki sifat yang lebih gigih dalam berenang mencapai sel telur, maka hal ini tentu akan lebih memungkinkan pria untuk mendapatkan keturunan.

Sebuah studi terbaru menyebutkan bahwa pria modern memang kini cenderung memiliki ukuran testis yang lebih kecil jika dibandingkan dengan pria jaman dahulu. Yang menjadi masalah adalah, hanya 1 dari 12 orang yang memiliki testis berukuran kecil ini yang bisa dianggap subur. Hal ini berarti, ada lebih banyak pria dengan testis yang kecil yang cenderung kurang subur atau lebih subur. Penyebab dari hal ini ternyata adalah karena gaya hidup pria modern yang semakin tidak sehat dan juga faktor usia.

Banyak pria yang tidak memperhatikan pola makan yang sehat apalagi memperhatikan pola tidurnya. Sebagian pria yang bahkan dengan enteng menyimpan ponsel pada saku atau memangku laptop saat menggunakannya. Padahal, kebiasaan-kebiasaan ini bisa menurunkan kesuburannya dengan signifikan. Selain itu, ada baiknya pria juga tidak lagi mengkonsumsi alkohol karena minuman ini memang bisa berpengaruh buruk bagi kesuburannya.

Melihat adanya fakta ini, pria dengan testis yang kecil tidak perlu berkecil hati karena mereka tetap memiliki kemungkinan besar untuk mendapatkan keturunan. Hanya saja, ada baiknya mereka menjaga gaya hidup sehat demi menjaga kesuburannya.