Apakah Teh Hijau Memang Benar-Benar Bisa Menurunkan Berat Badan?

DokterSehat.Com – Jika kita ingin menurunkan berat badan, maka ada baiknya kita mulai menerapkan pola makan dengan kadar gizi yang seimbang, mulai rutin berolahraga, dan mendapatkan waktu istirahat yang cukup. Namun, ada salah satu cara lain yang diyakini mampu menurunkan berat badan, yakni dengan mengkonsumsi teh hijau. Apakah teh hijau memang mampu menurunkan berat badan kita?

doktersehat-teh-hijau-matcha

Menurut pakar kesehatan, teh hijau memang kaya akan kandungan antioksidan yang bisa mencegah efek buruk dari paparan radikal bebas yang kerap kita dapatkan sehari-hari. Tak hanya itu, teh hijau juga kaya akan kandungan cathecins yang bisa membuat sistem metabolisme menjadi lebih lancar. Lancarnya sistem metabolisme ini ternyata bisa membantu kita menurunkan berat badan.

Lokendra Tomar, salah seorang pakar kesehatan nutrisi yang berasal dari Weight Loss Clinic menyebutkan bahwa teh hijau memang bisa membantu menurunkan berat badan. Menurut beliau, telah ada beberapa penelitian kesehatan yang sudah membuktikan bahwa teh hijau ikut membantu proses pembakaran lemak di dalam tubuh. Selain itu, kandungan theanine, semacam asam amino yang ada dalam teh hijau ternyata juga mampu menekan stress. Meskipun dikenal sebagai masalah kesehatan mental, dalam realitanya stress ternyata bisa menjadi penyebab masalah kelebihan berat badan.

Pakar kesehatan nutrisi lainnya, Mehar Rajput, menyarankan kita untuk mengkonsumsi teh hijau setelah mengkonsumsi sarapan dan makan siang. Dengan melakukannya, maka kita bisa membantu sistem metabolisme lebih lancar sehingga sistem pencernaan pun akan melakukan tugasnya menyerap nutrisi dari makanan dengan lebih cepat. Hal ini ternyata bisa berimbas pada menurunnya tumpukan lemak dalam tubuh sehingga menurunkan berat badan.

Hanya saja, Mehar menyebutkan bahwa meski teh hijau memang mampu membantu menurunkan berat badan, efeknya tidak akan terasa andai kita tidak menerapkan pola makan yang seimbang dan berolahraga secara teratur.