Apakah Susu Kental Manis Baik Bagi Tubuh?

DokterSehat.Com – Susu yang dikonsumsi oleh manusia ternyata tidak selalu berupa susu murni yang didapatkan dari perahan sapi, kambing, atau beberapa hewan lainnya. Memang, susu alami diyakini mampu memberikan kesehatan bagi manusia, namun, beberapa jenis susu lain, layaknya susu kental manis yang memiliki rasa enak juga banyak disukai oleh masyarakat. Susu kental manis, yang sangat terkenal dengan wadah kaleng berbentuk bulat ini disamping memiliki harga yang terjangkau, juga diklaim memiliki kandungan gizi yang baik untuk dikonsumsi. Apakah klaim ini benar adanya?

doktersehat-makan-pancake

Pakar kesehatan menyebut susu sebagai produk yang dihasilkan oleh kelenjar susu yang biasanya ada pada mamalia. Manusia sendiri termasuk dalam golongan manusia sehingga kaum hawa tentu mampu memproduksi ASI yang sangat menyehatkan. Hal ini berarti, beberapa jenis susu yang terbuat dari bahan nabati layaknya susu kedelai ternyata tidak bisa diklaim sebagai produk susu meskipun memiliki rasa dan bentuk yang sama layaknya susu. Uniknya, banyak pakar kesehatan yang justru menilai susu kental manis dengan wadah kaleng itu ternyata juga termasuk dalam golongan yang sama dengan susu kedelai, yakni bukan merupakan produk susu.

Susu kental manis ternyata memiliki kandungan lemak dan gula yang sangat tinggi. Sementara itu, jika pada susu mamalia kandungan kalsium dan proteinnya tinggi dan sangat baik bagi tubuh, susu kental manis justru sebaliknya hanya memiliki kandungan protein dan kalsium yang sangat rendah. Susu kental manis justru hanya dianggap sebagai penggemuk badan karena kandungan lemak dan gula yang tinggi tersebut. Disinilah mitos mengapa masyarakat menganggap susu sebagai penggemuk badan berasal.

Susu yang asli seharusnya memiliki kandungan protein dan kalsium yang bisa membantu metabolisme tubuh dan membuat tulang menjadi sehat. Hal ini berarti, susu seharusnya bisa membuat berat badan tetap stabil. Hal ini tentu saja tidak akan ditemui jika kita memilih untuk mengkonsumsi susu kental manis. Hal ini berarti, susu kental manis sebaiknya kita hapus dari daftar makanan sehat yang sebaiknya kita konsumsi.

Baca Juga:  Smoothie Pisang, Sarapan Nikmat Bagi Trimester Pertama Kehamilan