Apakah Susu Kedelai Baik Untuk Anak Dengan Alergi Susu Sapi?

DokterSehat.Com – Pemberian susu soya pada anak anak dengan alergi susu sapi adalah alternatif yang paling mungkin untuk diberikan pada anak anak dengan alergi susu sapi. Soya menggunakan isolat protein kedelai sebagai bahan dasar. Isolat protein kedelai tersebut memiliki kandungan protein tinggi yang setara dengan susu sapi. Susu formula soya kurang lebih sama manfaat nutrisinya dibandingkan formula hidrolisat ekstensif, tetapi lebih murah dan rasanya lebih familiar.

doktersehat-susu-keju-telur

American Academy of Pediatrics menyatakan bahwa susu formula berbasis protein kedelai merupakan alternatif yang masuk akal untuk bayi cukup bulan yang tidak bisa mentolerir sapi formula berbasis susu atau laktosa yang ditemukan dalam susu formula sapi. Seperti halnya pada ASI, kalsium dan fosfor pada susu formula soya memiliki perbandingan 2: 1 untuk menunjang pembentukan tulang dan gigi yang kuat.

Sebuah kekhawatiran yang meluas saat pasien menggunakan susu formula soya. Banyak dokter atau orangtua meragukan penggunaannya karena beberapa kontrovesi yang ada. Kontroversi yang masih sering timbul adalah adanya kandungan fitoestrogen dalam susu formula soya. Beberapa ahli mempermasalahkan adanya isoflavon kedelai, yang merupakan anggota keluarga fitoestrogen. Fitoestrogen pada kedelai dapat menghambat enzim yang dibutuhkan tubuh untuk menghasilkan hormone testoteron (hormone pria).

Akan tetapi sampai saat ini, dari peneitian yang didapatkan belum cukup kuat untuk membuat hipotesa tersebut. Belum ditemukan efek samping dari penggunaan jangka pendek maupun panjang protein kedelai telah diamati pada manusia dan paparan susu formula berbasis kedelai tampaknya tidak mengakibatkan hasil reproduksi yang berbeda dari paparan sapi susu formula. Formula kedelai tampaknya menjadi pilihan makan aman untuk kebanyakan bayi dengan alergi susu sapi. Akan tetapi untuk menghindari hal hal yang tidak diinginkan biasanya dokter menyarankan untuk memberikan anak susu soya berselingan dengan susu yang terhidrolisa sebagian.