Apakah Sindrom Savant Itu?

DokterSehat.Com – Sindrom Savant adalah keterbatasan dan ketidakmampuan fisik dan mental namun memiliki kecerdasan otak yang luar biasa. Biasanya dalam bidang matematika, sains, daya ingat tinggi. Banya pengidap savant yang mampu menggambarkan objek yang mereka lihat sekilas secara rinci. Tetapi mereka juga memiliki keterbatasan fisik dan mental.

doktersehat-anak-bermain

Sindrom savant bukanlah suatu penyakit, melainkan suatu sindrom yang langka. Penyebabnya belum diketahui secara pasti. Dapat terjadi karena faktor genetik, cedera otak, dan tumor otak. Namun tidak semua orang yang punya kelainan genetik, atau riwayat cedera otak, adanya tumor otak dapat mengalami sindrom savant.

Bila seseorang memiliki kecerdasan di atas rata-rata orang normal, masuk ke dalam golongan sindrom savant. Savant juga tidak berbahaya terhadap kesehatan sehingga tidak perlu pengobatan. Bisa berbahaya bila memiliki gejala sisa, jika Savant diperoleh akibat penyakit lain seperti demensia, riwayat cedera otak, dan tumor otak.

Sebagai orang tua, apabila melihat anak memiliki keterbatasan mental dan fisik, coba untuk lebih memperhatikan, apakah ia memiliki ketertarikan terhadap sesuatu. Jika iya, maka cobalah untuk mengarahkannya, dan jangan batasi ruang geraknya. Biarkan ia tenggelam dalam kesukaannya tersebut. Bila berkembang, maka bisa jadi ia memiliki sindrom savant.

Sumber : The National Center for Biotechnology Information