Apakah Sikat Gigi Elektrik Bisa Membersihkan Gigi Dengan Maksimal?

DokterSehat.Com – Salah satu cara menjaga kesehatan yang cukup mudah untuk dilakukan adalah dengan menyikat gigi dengan rutin setiap hari. Untuk melakukannya, kita tentu membutuhkan peralatan-peralatan layaknya sikat gigi hingga pasta gigi. Kebanyakan orang akan memakai sikat gigi yang konvensional dan digerakkan oleh tenaga tangan. Namun, kini juga bisa ditemui sikat gigi elektrik yang memiliki gerakan-gerakan khusus yang diklaim mampu membuat penyikatan gigi dilakukan dengan teknik yang tepat. Sebenarnya, apakah benar sikat gigi elektrik memang bisa memberikan dampak positif bagi kesehatan gigi dan mulut?

doktersehat-sakit-gigi-sensitif

Pakar kesehatan Tariq Idrees menyebutkan jika sikat gigi elektrik ternyata tidak bisa benar-benar membuat kita menjaga kebersihan gigi sehari-hari. Bahkan, banyak pakar kesehatan gigi yang menyebut sikat gigi elektrik sebagai alat yang sia-sia.

Menurut dr. Tariq, sikat gigi memang menawarkan kepraktisan bagi penggunanya mengingat hanya dengan menekan tombol, sikat yang sudah ditempelkan pada permukaan gigi ini bisa segera bergerak untuk membersihkan gigi. Sayangnya, banyak orang yang masih mempergunakan sikat gigi ini dengan cara yang kurang benar, yakni dengan memakai tekanan yang terlalu keras. Alhasil, kotoran atau sisa makanan pada gigi justru tidak bisa dibersihkan dengan sempurna.

Sikat gigi elektrik sendiri sebenarnya sangat direkomendasikan pada penderita masalah gigi sensitif mengingat dengan pemakaian yang tepat, yakni dengan mengikuti alur gerakan sikat gigi elektrik, maka gigi pun akan terhindar dari masalah yang kerap terjadi jika kita melakukan penyikatan biasa yang cenderung keras dan bisa membuat kerusakan pada email atau lapisan terluar gigi menjadi bisa diminimalisir. Namun, bagi mereka yang memiliki gigi yang normal, ada baiknya menggunakan sikat gigi biasa asalkan memakai teknik penyikatan gigi yang benar dan aman.