Apakah Sering Jalan Saat Hamil Dapat Meperlancar Proses Persalinan?

DokterSehat.Com – Di masyarakat kepercayaan untuk meningkatkan frekuensi berjalan kaki dan jongkok sudah lama beredar di masyarakat . Dikatakan baha dengan meningkatkan frekuensi berjalan kaki dan jpgkok dapat membantu proses persalinan dikarenakan rongga panggul aka menjadi lebih besar sehingga anak menjadi lebih mudah untuk keluarnya. Benarkah demikian?

doktersehat-hamil-minum-kopi

Beberapa peneliti mengatakan bahwa dengan berjalan kaki dan jongkok yang dilakukan oleh calon ibu yang hamil pada trimester terakhir memang membantu untuk proses persalinan. Hal ini akan melatih otot agar terlatih untuk proses persalinan.  Jika otot pinggul lebih kuat, persalinan akan lebih mudah. Namun jalan kaki dan jongkok bukan satu-satunya cara yang bermanfaat bagi ibu hamil jelang persalinan. Dikatakan olahraga apapun, asal tidak memberatkan, dapat bermanfaat bagi ibu hamil. Bisa dengan senam hamil, yoga atau apapun yang membuat sang ibu sehat.
Selain itu manfaat lain yang didapatkan dengan berjalan kaki dan jongkok adalah:

a. Membuat ibu hamil menjadi lebih bugar
Jalan kaki pada pagi hari dengan teratur akan membantu anda dalam menjaga kesehatan dan mengurangi keluhan yang sering kali terjadi selama kehamilan. Menurut penelitian yang dilakukan di california, ibu hamil yang bugar akan lebih mudah dapat melakukan proses mengejan. Bahkan ibu hamil yang sering melakukan senam hamil atau yoga akan lebih mungkin mengalami proses persalinan yang lebih cepat dibandingkan dengan ibu hamil yang jarang berolahraga selama kehamilan.

b. Mengurangi resiko kehamilan bermasalah
Dengan melakukan gerakan yang teratur di pagi hari atau jalan kaki selama kehamilan anda, maka anda dapat mengurangi resiko mengalami kehamilan bermasalah. Beberapa diantaranya adalah resiko pre-eklamsia dan kencing manis

c. Mengurangi stres fisik dan mental
Latihan fisik yang teratur pada ibu hamil akan memicu timbulnya hormon endorfin yang akan memberikan efek psikologis yaitu memberikan ketenangan secara mental.

Baca Juga:  Tips Memutihkan Kulit Leher

d. Menjaga Kenaikan Berat badan dengan Wajar
Membiasakan hidup sehat dengan melakukan latihan sehat seperti jalan kaki di pagi hari akan membantu anda dalam menjaga kenaikan berat badan yang wajar selama kehamilan. Hal ini berhubungan dengan jalan kaki yang merupakan latihan fisik dalam menjaga pembuluh jantung ibu hamil dikarenakan tidak terlalu membebani persendian dan lutut. Dengan cara seperti ini akan menjaga berat badan anda selama kehamilan.