Apakah Semua Orang Gemuk Cenderung Mudah Terkena Penyakit

DokterSehat.Com – Jika pada jaman dahulu orang yang gemuk kerap dianggap sebagai simbol kenyamanan hati atau bahkan tanda dari kemakmuran, maka kini tubuh yang gemuk atau bahkan obesitas dianggap sebagai tanda dari seseorang cukup rentan terkena berbagai macam masalah kesehatan. Dalam realitanya, kegemukan memang bisa memicu berbagai macam penyakit berbahaya layaknya diabetes, tekanan darah tinggi, hingga meningkatnya kadar kolesterol. Namun, apakah semua orang gemuk memang cenderung rentan terkena penyakit?

doktersehat-gemuk-gendut-obesitas

Banyak orang menyebutkan jika tidak semua orang gemuk ternyata rentan terkena penyakit. Ada sebagian orang gemuk yang ternyata memiliki sistem metabolisme yang sehat. Hanya saja, peneliti Gregory Nichols tidak langsung percaya dengan hal ini dan akhirnya melakukan sebuah penelitian untuk mencari tahu apakah ada orang yang mengalami masalah obesitas namun tidak memiliki faktor resiko penyakit kronis layaknya tingginya tekanan darah, gula darah, dan juga kolesterol. Penelitian ini sendiri dilakukan dengan menganalisa data dari 1,3 juta orang dewasa dari Amerika Serikat yang memiliki badan gemuk dan mengalami obesitas.

Pada awal penelitian, semua partisipan ini tidak ada yang memiliki penyakit diabetes. Namun, 10 persen dari partisipan yang mengalami obesitas diketahui tidak memiliki faktor resiko penyebab penyakit kronis sehingga dianggap sebagai pemilik masalah obesitas namun memiliki metabolisme yang sehat. Meskipun begitu, para partisipan ini sebenarnya juga memiliki resiko besar terkena penyakit lainnya layaknya kanker, penyakit ginjal, hingga gangguan persendian.

Menurut Nichols, memang, ada banyak orang yang gemuk cenderung hidup sehat dalam waktu yang lama. Namun, bisa jadi di suatu waktu di masa depan orang ini akan mengalami peningkatan faktor resiko terkena penyakit. Sebagai contoh, seseorang yang gemuk cenderung dua kali lebih beresiko terkena diabetes jika dibandingkan dengan mereka yang memiliki berat badan normal dan baru mendapatkan penyakit ini di usia senja.

Baca Juga:  Waspada, Kegemukan Timbulkan Penyakit Saraf Terjepit

Melihat adanya fakta ini, ada baiknya pemilik berat badan yang tidak ideal memang segera menurunkan berat badannya demi mencegah munculnya berbagai macam penyakit.