Apakah Sehat Andai Kita Makan Ikan Setiap Hari?

DokterSehat.Com – Setiap orang tentu akan menyukai beberapa jenis makanan tertentu, salah satunya adalah ikan. Ikan dikenal luas sebagai makanan yang kaya akan kandungan gizi tinggi, entah itu ikan dari sungai, danau, atau bahkan ikan laut. Sebuah pertanyaan pun muncul, andai kita dekat dengan sumber ikan yang melimpah dan memiliki kemungkinan untuk makan ikan setiap hari, apakah hal ini akan baik bagi kesehatan tubuh kita?

doktersehat-makan-ikan-omega3-vitamin

Pakar kesehatan dan gizi Eric Rimm dari Harvard School of Public Health menyebutkan jika selain kaya akan nilai gizi, ikan terasa sangat nikmat, bagaimanapun cara kita menyajikannya. Ada sebuah kelakar yang menyebutkan jika makan ikan setiap hari bahkan jauh lebih aman jika dibandingkan dengan makan daging sapi misalnya, yang memang harus dibatasi konsumsinya. Menurut beliau, kita memang cukup aman andai mengkonsumsi ikan sebagai lauk sehari-hari, namun tetap saja dengan memperhatikan beberapa hal.

Rimm menyebutkan jika ibu hamil sangat tidak disarankan mengkonsumsi ikan setiap hari, khususnya ikan laut dengan ukuran yang besar dengan usia yang cenderung lama layaknya ikan tuna. Ikan ini ternyata cenderung mengumpulkan racun layaknya merkuri yang jelas kurang baik bagi kesehatan ibu hamil dan janinnya, khususnya dalam merusak beberapa fungsi organ tubuh pada orang dewasa dan menurunkan fungsi neurologis. Tak hanya itu, janin juga akan mendapatkan ancaman kesehatan yang berbahaya.

Rimm sendiri menyarankan kita untuk melakukan variasi dalam mengkonsumsi lauk sehingga tidak perlu memakan ikan setiap hari yang bisa saja membuat kita bosan. Konsumsi ikan beberapa kali dalam seminggu sudah cukup untuk membuat kita menurunkan resiko terkena serangan jantung berbahaya dan kandungan asam lemak omega-3 yang sangat sehat ini akan sangat baik bagi fungsi otak orang dewasa serta perkembangan otak anak.