Apakah Sayuran Sebaiknya Dikonsumsi Secara Mentah Agar Nutrisinya Tidak Hilang Karena Dimasak?

DokterSehat.Com– Salah satu makanan yang sebaiknya kita konsumsi secara rutin adalah sayuran. Di dalam sayuran sendiri kita bisa mendapatkan berbagai nutrisi layaknya vitamin atau serat yang sangat baik bagi kesehatan tubuh kita. Sayangnya, karena cara pengolahan yang tidak benar, sayuran cenderung kehilangan cukup banyak nutrisi baik terebut saat dimasak. Apakah hal ini berarti ada baiknya kita mengkonsumsi sayuran secara mentah saja agar tidak kehilangan nutrisi baiknya?

doktersehat-pria-makanan-bergizi-sehat-sayur-buah-bahagia-diet-sindrom-metabolik

Pakar kesehatan ternyata menyebutkan bahwa pilihan untuk mengkonsumsi sayuran secara mentah atau dimasak tergantung dari jenis sayuran tersebut. Sebagai contoh, ada jenis sayuran yang kaya akan vitamin C yang sebaiknya tidak kita rebus atau masak dengan berlebihan karena bisa menyebabkan kandungan vitamin C ini larut ke dalam air. Sebagai informasi, jika diolah secara berlebihan, maka 15 hingga 55 persen vitamin C bisa hilang dari sayuran tersebut.

Yang menarik adalah, ada beberapa jenis sayuran yang ternyata justru akan mengalami penguatan kandungan vitamin atau nutrisi andai diolah dengan tepat. Sebagai contoh, wortel yang direbus bisa meningkatkan kandungan karotenoid seperti beta karoten dengan signifikan. Andai wortel dikukus, maka kandungan karotenoid dan vitamin C-nya akan menurun namun justru akan mengalami peningkatan kadar antioksidan berjenis asam fenolat. Saat diolah dengan microwave, kandungan vitamin C pada wortel juga masih bisa bertahan.

Memang, akan cukup sulit untuk membedakan mana sayuran yang sebaiknya harus dimakan mentah atau memilih cara pengolahan sayuran seperti apa yang sepertinya cocok pada jenis sayuran tertentu agar kandungan nutrisinya tidak menghilang. Hanya saja, pakar kesehatan menyarankan kita untuk membersihkan sayuran dari kandungan pestisida sebelum dikonsumsi secara mentah dan sebaiknya tidak memasak sayuran terlalu lama agar kandungan nutrisinya tidak menghilang.