Apakah Saya Hamil? (2)

DokterSehat.Com Mual (Morning Sickness). Morning sickness adalah gejala yang terkenal pada kehamilan. Tapi tidak setiap wanita hamil mendapatkannya.

doktersehat-testpack-tes-kehamilan

Penyebab pasti dari morning sickness tidak diketahui tetapi hormon-hormon kehamilan mungkin berkontribusi terhadap gejala ini. Mual selama kehamilan dapat terjadi setiap saat hari tapi paling sering di pagi hari.

Juga, beberapa wanita mengalami ngidam,atau menginginkan makanan tertentu ketika mereka hamil. Itu juga terkait dengan perubahan hormonal. Efeknya bisa begitu kuat sehingga bahkan pikiran tentang apa yang makanan favorit dapat mengubah perut wanita hamil.

Ada kemungkinan bahwa mual, ngidam, dan keengganan makan makanan dapat bertahan untuk seluruh kehamilan. Untungnya, gejala berkurang bagi banyak perempuan di sekitar minggu ke-13 atau ke-14 kehamilan mereka.

Sementara itu, pastikan untuk makan makanan sehat sehingga Anda dan bayi Anda mendapatkan nutrisi yang penting. Anda dapat berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan nasihat tentang itu.

Periode Menstruasi yang Tertunda (Telat Menstrusai)
Gejala awal yang paling jelas dari kehamilan – dan salah satu yang mendorong sebagian besar wanita untuk melakukan tes kehamilan – adalah periode menstruasi yang terlambat. Tapi tidak semua periode menstruasi yang tertunda atau hilang disebabkan oleh kehamilan.

Juga, wanita dapat mengalami beberapa perdarahan selama kehamilan. Jika Anda sedang hamil, tanyakan kepada dokter Anda apa yang harus Anda sadari dengan perdarahan. Misalnya, apakah itu adalah pendarahan normal dan merupakan perdarahan pertanda darurat?

Kemungkinan keterlambatan menstruasi lainnya adalah kehilangan berat badan terlalu banyak. Masalah hormonal, kelelahan, atau stres juga merupakan kemungkinan yang lain. Beberapa wanita kehilangan periode mereka ketika mereka berhenti minum pil KB. Tetapi jika periode menstruasi terlambat dan kemungkinan terjadi kehamilan, Anda mungkin ingin melakukan tes kehamilan.

Baca Juga:  Tahu Putih Kukus, Makanan Lezat Pencegah Kanker

Gejala Awal Kehamilan Lainnya
Kehamilan membawa perubahan keseimbangan hormon Anda. Dan yang dapat menyebabkan gejala lain:

Sering buang air kecil. Bagi banyak wanita, ini dimulai sekitar minggu keenam atau kedelapan setelah pembuahan. Meskipun ini dapat disebabkan oleh infeksi saluran kemih, diabetes, atau penggunaan obat diuretik yang berlebih, jika Anda sedang hamil, kemungkinan besar karena tingkat hormon.

Sembelit. Selama kehamilan, tingkat yang lebih tinggi dari hormon progesteron dapat membuat Anda sembelit. Progesteron menyebabkan makanan lebih lambat keluar melalui usus Anda. Untuk meringankan masalah, minum banyak air, berolahraga, dan makan banyak makanan tinggi serat.

Perubahan suasana hati. Kejadian ini sering terjadiumum, terutama selama trimester pertama. Ini juga terkait dengan perubahan hormon.

Sakit kepala dan sakit punggung. Banyak wanita hamil melaporkan sakit kepala ringan, dan lain-lain mengalami sakit punggung kronis.

Pusing dan pingsan. Ini mungkin terkait dengan pelebaran pembuluh darah, penurunan tekanan darah, dan gula darah.

Seorang wanita hamil bisa memiliki semua gejala ini, atau mungkin hanya memiliki satu atau dua gejala. Jika gejala-gejala tersebut menyusahkan kehidupan sehari-hari Anda, konsultasikan dengan dokter sehingga Anda dapat membuat rencana untuk mengimbangi hal tersebut.