Apakah Saya Hamil? (1)

DokterSehat.Com – Apakah Anda bertanya-tanya apakah Anda hamil? Satu-satunya cara untuk tahu pasti adalah dengan melakukan tes kehamilan.

doktesehat-tes-kehamilan-test-pack

Tetapi ada gejala awal kehamilan yang mungkin mengarah ke kemungkinan kehamilan.

Apakah Semua Wanita Mengalami Gejala Awal Kehamilan?
Setiap wanita mengalami gejala yang berbeda, demikian pula dengan pengalaman kehamilannya maing-masing. Tidak setiap wanita memiliki gejala yang sama. Bahkan dalam seorang wanita yang sama dapat mengalami gejala yang berbeda dari satu kehamilan ke yang berikutnya.

Juga, karena gejala awal kehamilan sering seperti apa yang terjadi tepat sebelum dan selama menstruasi, gejala-gejala tidak selalu diakui.

Berikut adalah deskripsi dari beberapa gejala awal yang paling umum dari kehamilan. Anda harus tahu bahwa gejala-gejala ini dapat disebabkan oleh hal-hal lain selain kehamilan. Jadi beberapa gejala ini tidak selalu menandakan kehamilan. Satu-satunya cara untuk tahu pasti adalah dengan tes kehamilan.

Adanya Bercak dan Kram
Beberapa hari setelah pembuahan, telur yang telah dibuahi menempel pada dinding rahim. Hal ini dapat menyebabkan salah satu dari tanda-tanda awal kehamilan – bercak dan, kadang-kadang, kram pada perut.

Itulah yang disebut pendarahan karena implantasi (implantasi = penempelan sperma dan ovum ke dinding rahim). Hal ini terjadi 6 -12 hari setelah sel telur dibuahi.

Kram menyerupai kram menstruasi, sehingga beberapa perempuan kesalahan mereka dan pendarahan untuk memulai periode mereka. Pendarahan dan kram karena kehamilan merupakan perdarahan yang sedikit dan kram yang ringan.

Selain pendarahan, wanita dapat melihat adanya discaj putih seperti debit susu dari vaginanya. Hal ini terjadi terkait dengan penebalan dinding vagina, yang dimulai segera setelah pembuahan. Pertumbuhannya meningkat dari sel-sel yang melapisi vagina menyebabkan debit.

Baca Juga:  Makanan yang Mempercepat Penuaan

Debit ini, yang dapat terus berlanjut sepanjang kehamilan, biasanya tidak berbahaya dan tidak memerlukan pengobatan. Tetapi jika ada bau yang terkait dengan debit atau sensasi terbakar dan gatal-gatal, beritahu dokter sehingga doker dapat memeriksa apakah Anda memiliki infeksi bakteri atau infeksi jamur pada vagina Anda.

Perubahan Payudara
Perubahan payudara lain tanda awal kehamilan. Kadar hormon seorang wanita cepat berubah setelah pembuahan. Karena perubahan hormon tersebut, payudaranya dapat menjadi bengkak, sakit, atau terasa geli atau dua minggu kemudian. Atau payudara dapat terasa lebih berat atau lebih penuh atau terasa lembut ketika disentuh. Daerah di sekitar puting, yang disebut areola, mungkin juga semakin gelap.

Hal-hal lain dapat menyebabkan perubahan payudara. Namun, jika perubahan tersebut merupakan gejala awal kehamilan, perlu diingat bahwa kondisi tersebut akan terjadi beberapa minggu.

Kelelahan
Merasa sangat lelah adalah normal pada kehamilan, mulai sejak kehamilan dini. Seorang wanita dapat mulai merasa lelah satu minggu setelah hamil. Mengapa? Ini sering berhubungan dengan kadar hormon yang tinggi yang disebut progesteron, meskipun hal-hal lain – seperti kadar gula darah yang lebih rendah, tekanan darah yang lebih rendah, dan dorongan dalam produksi darah – semua bisa berkontribusi.

Jika kelelahan yang berhubungan dengan kehamilan, penting untuk banyak beristirahat. Makan makanan yang kaya protein dan zat besi dapat membantu mengimbangi itu.