Apakah Rokok Mind Bisa Sebabkan Kemandulan?

DokterSehat.Com – Kebiasaan merokok diketahui membawa banyak efek negatif. Merokok bisa menyebabkan begitu banyak gangguan kesehatan. Mulai dari gangguan pernapasan, kerja jantung menjadi tidak optimal hingga kanker. Merokok juga dicurigai memberi efek negatif bagi organ-organ reproduksi. Rokok jelas akan mengganggu perkembangan janin di dalam perut. Bahkan merokok juga bisa menyebabkan resiko keguguran meningkat.



Untuk menghindari berbagai efek negatif merokok, banyak perokok beralih mengonsumsi rokok mint. Karena menurut kabar yang beredar rokok mint memiliki efek negatif yang lebih sedikit daripada rokok biasa. Baik untuk kesehatan secara umum maupun kesehatan organ-organ reproduksi. Pernyataan tersebut tentu perlu dikaji lagi lebih mendalam. Antara lain dengan pertanyaan apakah rokok mint sebabkan kemandulan, benar atau salah?

Kondisi kemandulan pada seseorang antara lain ditandai dengan tidak adanya kehamilan setelah berhubungan seksual secara aktif selama lebih dari satu tahun. Kemandulan bukan hanya monopoli wanita saja. Pria pun bisa menderita kemandulan. Diagnosa mengenai mandul atau tidaknya seseorang sebaiknya ditegakkan dengan pemeriksaan laboratorium.

Walaupun kemandulan merupakan kondisi kesehatan yang cukup kompleks. Begitu banyak faktor yang bisa mengakibatkan kemandulan. Hingga tidak bisa ditunjuk satu penyebab saja. Tetapi rokok sebagai benda yang punya begitu banyak pengaruh negatif pada kesehatan turut dicurigai sebagai salah satu pemicu kondisi ini. Karena pada dasarnya rokok biasa atau rokok mint tetap memiliki pengaruh pada kesehatan seluruh organ di dalam tubuh manusia. Termasuk organ reproduksi. Bukan karena rokok mint nya, karena rasa mint pada rokok hanya membuat cita rasa berbeda dalam merokok.

Hingga bagi pasangan-pasangan yang berencana untuk memiliki anak tak perlu lagi mempertanyakan apakah rokok mint sebabkan kemandulan, benar atau salah. Merokok mint atau biasa haruslah segera dicoret dari daftar barang-barang yang dikonsumsi setiap hari.

Baca Juga:  Orang Optimis Memiliki Jantung Lebih Sehat

Menerapkan pola hidup sehat menjadi keharusan bagi pasangan yang merencanakan untuk memiliki anak. Pola hidup sehat bisa dimulai dengan cara makan makanan yang bergizi. Menghindari stres dan cukup beristirahat juga mampu meningkatkan kinerja berbagai organ penting dalam tubuh.

Hingga tak perlu mencari jawaban rokok mint sebabkan kemandulan, benar atau salah.