Apakah Rokok Berfilter Lebih Aman Daripada Rokok Non-Filter?

DokterSehat.Com– Adanya filter pada rokok seringkali dianggap sebagai cara yang lebih aman untuk menghisap rokok. Dengan adanya filter ini, diharapkan berbagai kandungan beracun dalam rokok ini tidak akan begitu banyak yang masuk ke dalam tubuh. Sebenarnya, apakah rokok filter ini memang jauh lebih aman untuk dihisap jika dibandingkan dengan rokok tanpa filter?

doktersehat-rokok

Pakar kesehatan spesialis paru-paru bernama dr. Feni Fitriani Taufik yang berasal dari RSUP Persahabatan Jakarta menyebutkan bahwa baik rokok berfilter ataupun rokok non-filter ternyata tidak memberikan perbedaan signifikan jika dihisap. Keduanya ternyata sama-sama memberikan dampak kesehatan yang buruk bagi tubuh. Memang, dengan adanya filter ini, ada beberapa kandungan dari dalam rokok yang tidak masuk ke dalam tubuh. Namun, tetap saja kita beresiko tinggi terkena berbagai penyakit berbahaya andai menghisap kedua jenis rokok ini dalam jangka panjang.

Menurut dr. Feni, andai kita rutin menghisap kedua jenis rokok ini, maka kita bisa memasukkan setidaknya 4 ribu zat beracun yang sangat berbahaya bagi tubuh kita. Jika kita menghisapnya dalam waktu yang lama, tentu jumlah zat beracun yang menumpuk di dalam tubuh menjadi semakin banyak sehingga akan memicu berbagai macam penyakit layaknya kanker, stroke, atau bahkan gangguan pernafasan. Di dalam jurnal kesehatan berjudul The Lancet sendiri, diketahui bahwa satu dari sepuluh kematian yang terjadi di seluruh dunia ini ternyata disebabkan oleh kebiasaan merokok.

Tak hanya bisa memicu berbagai penyakit berbahaya yang cenderung sulit untuk disembuhkan dan memiliki resiko kematian yang besar, rokok disebut-sebut bertanggung jawab pada gangguan kesuburan, gangguan seksualitas, hingga menyebabkan masalah pada kehamilan. Melihat adanya fakta ini, ada baiknya kita memang menghindari semua jenis rokok, baik itu rokok berfilter ataupun rokok non-filter demi kesehatan tubuh kita.