Apakah Rahim Tipis Pengaruhi Kesuburan Wanita?

DokterSehat.Com – Ada banyak faktor yang menyebabkan wanita susah mendapatkan kehamilan meski mereka subur dan tidak ada gangguan apa-apa pada sel telurnya. Wanita yang subur tapi sudah hamil biasanya mengalami gangguan pada rahim tempat janin akhirnya berkembang dan lahir menjadi bayi.

doktersehat-kista-kanker-ovarium-Kanker-Amenore-Siklus-Menstruasi-yang-Terhenti-rahim

Gangguan pada rahim membuat wanita susah mendapatkan kehamilan. Selain itu, meski kehamilan terjadi, mereka juga akan susah mempertahankan bayi sehingga mengalami keguguran.

Rahim yang tipis sebabkan keguguran
Rahim memiliki tiga lapisan dengan lapisan terluar bernama endometrium. Lapisan terluar inilah yang merespons sel telur yang akan dan telah dibuahi. Dinding terluar ini akan menebal saat masa subur dan akhirnya luruh menjadi darah saat menstruasi tiba. Saat wanita alami kehamilan, janin akan menempel pada dinding ini dan plasenta terbentuk.

Normalnya, dinding rahim yang cocok untuk tempat menempel janin memiliki ketebalan sekitar 8-13 mm. Dengan ketebalan ini, implantasi janin jadi mudah terjadi dan perkembangan bisa berjalan hingga 9 bulan. Kalau rahim tidak memiliki ketebalan minimal 8 mm, peluang untuk terjadi kehamilan akan kecil.

Jumlah wanita dengan rahim tipis
Wanita dengan rahim tipis jumlahnya tidak banyak. Berdasarkan meta analisis, 260 dari 10.724 wanita memiliki rahim tipis. Sekitar 2,4% wanita susah alami kehamilan karena memiliki ketebalan rahim sekitar 7 mm.

Rahim yang tipis pada wanita bisa terjadi secara alami atau karena pembedahan dan KB hormonal. Wanita yang memiliki rahim tipis akan susah mengalami kehamilan. Kalau pun wanita bisa mendapatkan kehamilan, pada trimester pertama, janin rawan alami keguguran. Implantasi janin ke rahim susah terjadi sehingga gangguan kerap terjadi.

Hingga saat ini belum ada acara untuk menyembuhkan keadaan ini. Kalau Anda termasuk wanita yang memiliki rahim tipis, coba lakukan konsultasi dengan dokter kandungan agar mendapatkan solusi mendapatkan kehamilan yang tepat.