Apakah Pria Sebaiknya Juga Mencukur Bulu Ketiaknya?

DokterSehat.Com– Berbeda dengan kaum hawa yang cenderung rajin mencukur bulu ketiaknya karena ingin mendapatkan penampilan yang menarik, kaum pria cenderung tidak begitu mempedulikan bulu ketiaknya. Namun, sebuah pertanyaan pun muncul, apakah sebaiknya bulu ketiak pada pria memang harus dicukur?

doktersehat-pria-deodoran-semprot-spray-ketiak

Untuk menjawab pertanyaan ini, Men’s Health pun melakukan sebuah survei yang melibatkan 4.044 pria. Dari survei ini, diketahui bahwa 68 persen pria ternyata merasa perlu untuk mencukur bulu ketiaknya, 52 persen pria melakukannya karena alasan estetika, dan 16 persen lainnya menyebutkan bahwa mereka perlu melakukannya karena alasan atletik. Dari penelitian ini, diketahui bahwa 1 dari 10 orang mengaku bahwa mereka tidak pernah mencukur rambut ketiaknya sama sekali.

Pakar kesehatan dan perawatan pria dari Hollywood, Amerika Serikat, bernama Craig Whitely menyebutkan bahwa terjadi perubahan besar akan pola pikir pria tentang bulu ketiak dalam 5 atau 10 tahun terakhir. Kini, para pria juga mulai memperhatikan berbagai bulu yang ada dalam tubuhnya, termasuk bulu kemaluan dan bulu ketiaknya.

Lantas, apakah sebenarnya mencukur bulu ketiak memang perlu dilakukan dari sudut pandang medis? Pakar kesehatan Daniel Lieberman, Ph.D dari Harvard University menyebutkan bahwa bulu ketiak sebenarnya tidak begitu berguna. Hanya saja, ada kemungkinan bulu ketiak ini bisa menarik perhatian wanita. Sebagai informasi, bulu ketiak memiliki cukup banyak kelenjar aprokrin yang memproduksi keringat. Keringat ini sendiri memiliki steroid, lipid, protein, dan berbagai informasi yang ternyata tanpa disadari bisa menarik perhatian wanita. Hanya saja, mengingat manusia modern membutuhkan lebih banyak hal untuk bisa tertarik dengan lawan jenisnya, besar kemungkinan bulu ketiak tak lagi benar-benar dibutuhkan sehingga tidak akan masalah jika dicukur.

Untuk mencukur bulu ketiak, ada baiknya pria menggunakan alat cukur bertipe waterproof. Sebelum dicukur, cobalah untuk menggunakan air hangat untuk membasahi bulu ketiak demi menurunkan resiko terkena luka. Kaum pria sendiri tidak disarankan untuk mencukur bulunya hingga botak karena bisa memicu gatal-gatal. Selain itu, ada baiknya kita tidak langsung menggunakan deodoran pada ketiak yang baru dicukur bulunya.