Apakah Pria Juga Mengalami Menopause Layaknya Kaum Hawa?

DokterSehat.Com – Bagi kaum hawa, usia yang semakin menua bisa menjadi hal yang cukup mengkhawatirkan karena bisa jadi mereka akan segera bertemu dengan fase menopause. Pada fase ini, kaum hawa akan mengalami perubahan pada fisik, khususnya dalam hormon, dengan sangat signifikan. Hal ini tentu bisa berpengaruh pada kondisi kesehatan atau bahkan aktifitas fisik sehari-hari. Yang menjadi pertanyaan adalah, apakah pria juga akan mengalami fase menopause layaknya yang dialami oleh kaum wanita?

doktersehat-konsultasi-orangtua-parkinson

Pakar kesehatan Fred Wu dari Andology Research Unit menyebutkan jika pria juga akan mengalami penurunan kadar seks seiring dengan bertambahnya usia. Hal ini memang tidak sekompleks fase menopause pada wanita, namun bisa dikatakan cukup mirip. Menurut beliau, pada pria yang sudah melalui usia 50 tahun, akan ada kecenderungan penurunan hormon testosteron yang diiringi dengan gejala-gejala yang tidak umum, dari masalah impotensi, mudah merasa lelah, hingga lebih mudah marah.

Uniknya, meskipun menunjukkan gejala-gejala yang cenderung mirip, pakar kesehatan di seluruh dunia masih memperdepatkan apakah konsep menopause juga bisa berlaku pada kaum pria maupun tidak. Professor Fred Wu sendiri menyebutkan jika gejala yang terjadi pada pria paruh baya yang mengalami penurunan kadar kolesterol sebenarnya adalah gejala yang normal, namun hanya akan terjadi jika sang pria melakukan gaya hidup yang cenderung tidak sehat. Menurut beliau, ada banyak pria paruh baya yang cenderung memiliki masalah obesitas. Tanpa disadari, masalah obesitas ini ternyata bisa menurunkan produksi hormon testosteron pada pria. Selain itu, jika pria cenderung mudah mengalami depresi atau banyak mengkonsumsi minuman beralkohol, maka efek negatif yang sama pun bisa muncul.

Dengan adanya fakta ini, ada baiknya memang pria harus pandai-pandai menjaga kesehatannya dan mulai menerapkan gaya hidup sehat semenjak usia muda. Dengan tetap melakukan gaya hidup yang sehat, maka di usia tua pun tubuh akan tetap bugar, sehat, dan tidak mengalami masalah penurunan kadar testosteron.