Apakah Perut yang Terus Berbunyi Menandakan Adanya Masalah Kesehatan?

DokterSehat.Com – Tubuh kita terkadang mengeluarkan bunyi-bunyian yang khas layaknya pada saat kita bersendawa, mendengkur, kentut, atau bahkan bunyi dari persendian yang muncul saat kita bergerak. Selain itu, perut kita juga terkadang mengeluarkan bunyi yang seringkali merupakan tanda bahwa kita sedang lapar. Hanya saja, terkadang perut akan bunyi-bunyian meskipun sebenarnya kita sudah kenyang. Apakah hal ini normal adanya?

doktersehat-sakit-perut

Pakar kesehatan pencernaan dr. Shawn Khodadadian dari New York, Amerika Serikat, menyebutkan jika kebanyakan orang memang menganggap bunyi-bunyian pada perut sebagai tanda bahwa mereka sedang lapar. Namun, sebenarnya bunyi-bunyian ini tidak selalu berkaitan dengan rasa lapar. Dr. Khodadadian menyebutkan jika dalam dunia medis, bunyi-bunyian pada perut ini disebut sebagai borborygmi, kondisi dimana udara dan cairan sedang bergerak pada usus kecil dan usus besar. Pada saat proses ini, otot-otot pada perut dan juga usus mengalami kontraksi dalam menggerakkan makanan dan cairan sehingga mengeluarkan bunyi yang khas.

Yang menarik adalah, bunyi-bunyian ini bisa muncul baik itu saat perut sedang penuh ataupun sedang kosong. Andai perut kita kosong selama dua jam, maka otak akan memberikan sinyal untuk otot-otot pada perut untuk bergerak kembali sehingga membuat bunyi layaknya geraman sekaligus memicu rasa lapar. Hanya saja, andai kita makan sambil menelan udara terlalu banyak, maka bunyi-bunyian ini juga akan muncul meskipun sebenarnya kondisi perut kita sudah kenyang.

Selama hanya memberikan bunyi-bunyian dan tidak menimbulkan gejala lain layaknya keram perut, rasa nyeri pada perut, rasa mulas, hingga muntah-muntah, maka perut dalam kondisi baik-baik saja dan tidak perlu dikhawatirkan sama sekali. Hanya saja, andai kita mengalami gejala-gejala kesehatan di atas, ada baiknya segera memeriksakannya ke dokter karena bisa jadi kita mengalami gangguan pencernaan layaknya intoleransi pada makanan-makanan tertentu.