Apakah Pasien Kanker Payudara Tidak Boleh Makan Daging?

DokterSehat.Com – Kebiasaan mengkonsumsi makanan tertentu bisa memberikan dampak positif ataupun negatif bagi kesehatan tubuh kita. Sebagai contoh, suka mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan bisa membuat saluran pencernaan tetap sehat. Sebaliknya, kebiasaan mengkonsumsi makanan cepat saji bisa menyebabkan berbagai penyakit berbahaya layaknya kanker. Namun, ada sebuah mitos yang dipercaya oleh masyarakat tanah air dimana para pasien kanker payudara sebaiknya tidak mengkonsumsi daging karena dianggap bisa semakin memperparah kanker ini. Apakah hal ini benar adanya?

doktersehat-wanita-kanker-payudara-konsultasi-implan-bakteri-mastitis

Pakar kesehatan Prof. dr. Arry Haryanto Reksodiputro, SpPD-KHOM, menyebutkan bahwa penderita kanker payudara sebenarnya tetap membutuhkan asupan daging. Menurut beliau, di dalam daging ada nutrisi lemak dan protein yang bisa memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh. Jika ada orang yang berkata bahwa kandungan di dalam daging bisa membuat kanker semakin kuat, hal ini sangatlah tidak benar.

Menurut Prof. Arry, penderita kanker payudara memang cenderung memiliki daya tahan tubuh yang rendah sehingga cukup rentan terkena berbagai infeksi. Untuk mencegah hal ini, maka mereka pun membutuhkan asupan nutrisi yang sehat dari daging yang bisa semakin memperkuat antibodi yang melawan kanker. Prof. Arry juga menyarankan penderita kanker payudara untuk rutin melakukan olahraga karena bisa berimbas positif bagi sirkulasi darah. Hal ini bisa membuat penyerapan nutrisi yang akan memperkuat antibodi dalam tubuh.

Pakar kesehatan lainnya, dr. Bob andinata, SpB(K) Onk, berkata bahwa alih-alih khawatir dengan konsumsi daging, penderita kanker payudara sebaiknya mewaspadai kondisi obesitas dalam tubuh. Menurut beliau, banyaknya tumpukan lemak yang tidak terpakai sebagai sumber energi pada tubuh, khususnya pada tubuh wanita yang sudah dalam fase menopause, bisa menyebabkan perkembangan sel kanker berlangsung dengan cepat. Lemak ini bisa diubah oleh enzim aromatase menjadi estrogen yang bisa membuat kanker payudara semakin parah.