Apakah Olahraga Harus Dilakukan di Pagi Hari Agar Manfaatnya Maksimal?

DokterSehat.Com – Kebanyakan orang berpikir jika waktu olahraga yang paling tepat adalah saat pagi hari. Di waktu tersebut, kita bisa melakukan aktifitas fisik sekaligus menikmati sinar matahari pagi yang kaya akan kandungan vitamin D. Jika waktu pagi hari telah terlewatkan, maka olahraga di waktu lainnya dianggap kurang bisa memberikan manfaat kesehatan yang maksimal. Apakah hal ini benar adanya?

doktersehat-orangtua-lari-jogging-olahraga

Pakar kesehatan dan ahli nutrisi dari Lagizi bernama Jansen Ongko, MSc, RD, menyebutkan bahwa olahraga adalah salah satu kunci dari mendapatkan tubuh yang sehat sekaligus memiliki berat badan yang ideal. Jika ada orang yang menyebutkan bahwa olahraga di pagi hari akan membantu kita membakar kalori lebih banyak sehingga bisa membuat kita menurunkan berat badan dengan lebih baik, anggapan ini ternyata kurang tepat. Perbedaan waktu melakukan olahraga tidak akan menentukan seberapa banyak pembakaran kalori dalam tubuh. Yang lebih menentukan justru bagaimana konsistensi kita dalam melakukan olahraga.

Yang menarik adalah, mereka yang melakukan olahraga pagi memiliki kecenderungan untuk lebih konsisten jika dibandingkan dengan yang melakukan olahraga di waktu lain layaknya sore atau malam hari. Hal ini disebabkan kondisi tubuh yang cenderung lebih segar di pagi hari dan belum adanya aktifitas lainnya yang melelahkan. Sementara itu, pelaku olahraga di waktu lain bisa saja memiliki tubuh yang sudah lelah karena energinya sudah banyak terkuras untuk aktifitas lain.

Lantas, apakah ada trik agar kita bisa konsisten melakukan olahraga jika hanya memiliki waktu untuk melakukannya selain di pagi hari? Jansen menyaranka kita untuk tidak memaksakan diri andai tubuh merasa lelah. Jika memang tubuh sudah meminta waktu beristirahat, maka berikan waktu untuk beristirahat terlebih dahulu. Jika dipaksakan, bisa jadi hal ini justru berimbas buruk bagi kesehatan. Saat badan sudah lebih enakan, barulah kita bisa melakukan olahraga.

Baca Juga:  Apa Sajakah Manfaat Dari Melakukan Olahraga di Akhir Pekan?

Olahraga di pagi hari memang bisa memberikan keuntungan berupa adanya kehangatan sinar matahari pagi yang kaya akan vitamin D dan udara yang masih segar sehingga bisa berpengaruh positif bagi fisik dan psikis. Namun, olahraga di sore atau malam hari juga bisa membantu kita tidur dengan lebih nyenyak.