Apakah Normal Jika Bayi Berkeringat Berlebihan?

DokterSehat.Com – Setiap ibu yang baru melahirkan buah hati tentu saja ingin menjaganya dengan sepenuh hati agar bisa tumbuh dengan sehat dan baik. Seringkali ibu muda yang kurang berpengalaman mengalami kepanikan jika sang bayi mengalami gejala yang tidak normal layaknya berkeringat dengan sangat berlebihan. Apakah hal ini normal bagi bayi?

doktersehat-nutrisi-gizi-bayi-balita

Pakar kesehatan menyebutkan jika setiap anak dilahirkan dengan kondisi produksi keringat yang berbeda-beda dan hal ini bisa terjadi pada bayi yang baru saja lahir. Sebagaimana kita ketahui, berkeringat adalah mekanisme alami agar tubuh bisa menurunkan suhunya dan kadang kala hal ini terjadi meskipun suhu udara tidak terlalu panas. Bayi sendiri bisa mengeluarkan keringat secara berlebihan jika ruangan tempat Ia tinggal kurang nyaman atau terkesan pengap. Hal ini berarti ibu tentu tidak perlu mengkhawatirkan buah hatinya jika keringat yang dikeluarkan terkesan berlebihan.

Keringat pada bayi sendiri termasuk dalam bagian sistem metabolisme tubuhnya sehingga jika bayi berkeringat, kita justru harus berbahagia karena sistem metabolismenya telah berjalan dengan baik. Keringat yang dikeluarkan tubuh bayi memiliki banyak kandungan sekresi yang sudah tidak dibutuhkan tubuh dan seringkali berasal dari proses pencernaan tubuh pada ASI yang baru dikonsumsi. Hal ini berarti susu yang dikonsumsi oleh bayi telah dicerna dengan baik.

Sayangnya, dalam beberapa kasus bayi yang mengeluarkan keringat berlebihan juga bisa menandakan adanya gangguan kesehatan pada bayi layaknya terkena demam, atau bahkan infeksi, dan juga masalah gizi buruk. Untuk mengatasinya, kita tentu harus segera memeriksakan kondisi ini ke dokter, apalagi jika bayi terkesan rewel atau bahkan terlihat lemas. Hanya saja, jika bayi ternyata dalam kondisi yang baik-baik saja, maka kita pun bisa mengantisipasi bayi yang berkeringat berlebihan dengan cara membuat kamar tempat tinggal bayi tetap bersih dan tidak lembab. Pastikan jika kamar juga berada dalam suhu yang nyaman dan sejuk. Bayi juga sebaiknya dipakaikan pakaian dengan bahan yang lembut, longgar, dan menyerap keringat. Selain itu, kita bisa memberikan bedak khusus bayi yang bisa mencegah masalah biang keringat. Pastikan pula bayi dimandikan dengan rutin sehingga tubuhnya tetap bersih, segar, dan nyaman setiap hari.