Apakah Minuman Energi Bermanfaat Bagi Tubuh?

DokterSehat.Com – Kita tentu sering melihat banyak pekerja kasar layaknya pekerja bangunan atau bahkan supir truk jarak jauh yang sering berkata bahwa mereka tidak akan bisa bekerja andai tidak meminum minuman berenergi. Mereka dengan yakin berkata bahwa minuman berenergi bisa membuat mereka tetap fokus dan memiliki energi yang cukup untuk bekerja hingga malam hari. Apakah minuman energi benar-benar bisa memberikan energi tambahan bagi tubuh?

doktersehat-minuman-soda-kaleng

Minuman energi ternyata adalah sejenis minuman ringan atau soft drink yang dijadikan minuman energi karena faktor promosi. Memang, ada beberapa kandungan dalam minuman energi yang bisa membuat metabolisme dalam tubuh terangsang sehingga tubuh memiliki energi yang lebih besar dari biasanya. Minuman energi bahkan diklaim bisa meningkatkan energi untuk bekerja hingga 70 persen dan meningkatkan daya tahan tubuh, khususnya pada bagian atas, serta membuat reaksi tubuh menjadi lebih cepat dan lebih sehat.

Hanya saja, efek dari meminum minuman energi ternyata juga tidak terlalu signifikan jika dikaji pada berbagai penelitian kesehatan, khususnya dalam hal seberapa lama lonjakan energi yang diberikan oleh minuman ini bisa berpengaruh dalam tubuh. Yang menjadi masalah justru minuman energi jika dikonsumsi secara berlebihan dan dalam jangka waktu yang lama dapat membuat masalah pada organ dalam tubuh, khususnya dalam menambah resiko terkena stroke, peningkatan tekanan darah, dan juga peningkatan denyut jantung.

Melihat adanya dampak buruk ini, banyak pakar kesehatan yang menyarankan untuk mengurangi konsumsi minuman berenergi, dan jika bisa tidak mengkonsumsi minuman energi dalam jangka waktu yang lama. Dua kaleng minuman berenergi dalam sehari dianggap lebih dari cukup untuk meningkatkan energi yang dibutuhkan untuk bekerja, namun jika anda mulai merasakan jantung yang berdebar kencang da kesulitan untuk tidur di malam hari, ada baiknya anda menghentikan konsumsi minuman energi ini. Anak-anak dan ibu hamil juga sebaiknya tidak mengkonsumsi minuman energi mengingat dampak negatif yang bisa berpengaruh pada kesehatan mereka dalam jangka panjang.