Apakah Minum Susu Memang Bisa Membuat Gemuk?

DokterSehat.Com– Ada sebuah anggapan yang dipercaya oleh banyak orang dimana susu bisa membuat berat badan kita naik. Bagi mereka yang kurus, minum susu tentu bisa menjadi salah satu cara untuk membuat tubuhnya menjadi lebih berisi. Namun, bagi mereka yang ingin menjaga atau bahkan menurunkan berat badan, maka susu tentu akan menjadi minuman yang sebaiknya dihindari. Sebenarnya, apakah memang benar jika minum susu bisa membuat gemuk?

doktersehat-susu-cokelat-setelah-gym-fitnes-otot

Pakar kesehatan di bidang gizi bernama dr. Marudut berkata bahwa anggapan bahwa susu bisa membuat gemuk ternyata hanyalah mitos belaka. Beliau menyebutkan jika telah ada beberapa penelitian yang menyebutkan bahwa susu tidak akan membuat kita bertambah gemuk. Sebagai contoh, ada sebuah penelitian yang melibatkan 46 ribu responden yang minum setidaknya dua hingga empat gelas susu setiap harinya. Hasilnya adalah, mereka justru memiliki resiko terkena obesitas 38 persen lebih rendah jika dibandingkan dengan mereka yang jarang atau tidak pernah minum susu.

Daripada mengkhawatirkan konsumsi susu, ada baiknya kita justru lebih memperhatikan asupan makanan kita sehari-hari jika tidak ingin mengalami masalah berat badan berlebihan. Banyak dari kita yang menerapkan pola makan yang tidak sehat layaknya banyak mengkonsumsi makanan kaya akan lemak, minyak, hingga kalori. Tak hanya itu, kita juga kerap mengkonsumsi camilan yang manis-manis dan jarang mengkonsumsi makanan yang kaya serat. Ditambah dengan kebiasaan malas berolahraga, maka resiko untuk mengalami kegemukan tentu akan meningkat.

Dr. Marudut sendiri menyarankan kita untuk mengkonsumsi susu setidaknya dua hingga tiga kali sehari dimana setiap porsinya kita bisa meminum susu sebanyak 200 hingga 240 mililiter. Dengan mengkonsumsi susu secara rutin, maka kita pun akan mendapatkan berbagai nutrisi yang sangat baik bagi kesehatan tubuh.