Apakah Mimisan Bisa Sebabkan Kematian?

DokterSehat.Com – Mimisan atau epistaksin adalah pendarahan yang keluar dari lubang hidung, pendarahan tersebut terjadi karena lepasnya mukosa yang mengandung pembuluh darah kecil. Mimisan kerap terjadi pada balita, anak, dan orang dewasa.

14

Pada satu contoh kasus di Inggris tahun 2011 lalu, Robert Ford (47) meninggal dunia di kediamannya di Gravesend dengan ceceran darah dihidungnya. Penyebabnya diperkirakan adalah mimisan yang tidak kunjung berhenti, di mana pemicunya sampai sekarang tidak diketahui. Melihat contoh kasus, sebenarnya seberapa sering kejadian mimisan bisa berujung fatal?

dr Melisa Anggraeni, MBiomed, SPA, dari Siloam Hospital, mengatakan pada kasus mimisan yang berujung kematian, kemungkinan dapat terjadi karena banyaknya darah yang keluar. Darah yang keluar dari hidung bisa saja menyebabkan seseorang sulit bernapas karena jalan oksigennya tertutup.

Itu kalau mimisannya sudah terlalu banyak sekali dan pendarahan tidak berhenti selama lebih dari lima menit harus dibawa ke rumah sakit karena dikhawatirkan bekuan darah akan menghambat pernapasan.

Oleh karena penyebab kematian akibat mimisan adalah karena jalan pernapasan yang tersumbat, kejadian ini dikatakan oleh dokter lainnya dari RS Premier Jatinegara, dr Marissa Pudjiadi, SpA, jarang terjadi.

Untuk mencegah terjadinya penyumbatan pernapasan akibat mimisan, seseorang sebenarnya memiliki reflek batuk dan menelan yang membuat penyumbatan kecil kemungkinannya terjadi. Namun, meski demikian penyumbatan lebih besar kemungkinan terjadinya pada bayi atau orang yang tidak sadarkan diri.

Kecuali kalau bayi ya atau anak yang masih sangat kecil lalu kemudian darah yang keluar terlalu banyak, kemungkinan menyumbat pernapasan bisa terjadi

Selain penyumbatan, hal lain yang mungkin menyebabkan mimisan bisa menyebabkan kematian adalah dari darah yang keluar itu sendiri. Jika mimisan terjadi terus menerus maka tubuh akan kehilangan banyak darah dan hal itu bisa berakibat fatal seperti dikatakan oleh dr dr Mahatma T Bawono, SpTHT-KL, dari RS Akademik UGM.

Baca Juga:  Obat Tradisional Varikokel

Pada prinsipnya kalau darah keluar terlalu banyak ini kan berarti tubuh akan kekurangan darah, nah bisa juga menyebabkan kematian. Untuk kondisi mimisan yang seperti ini harus segera ditangani di rumah sakit.