Apakah Mie Buatan Home Industri Juga Tidak Sehat Layaknya Mie Instan?

DokterSehat.Com – Pakar kesehatan telah banyak berkata jika mie instan adalah salah satu jenis makanan yang sangat kurang layak dikonsumsi karena kandungan gizinya yang rendah. Di dalam mie instan juga terdapat bahan pengawet dan bahan bahan kimia lainnya yang akan kurang baik jika dikonsumsi terlalu sering dalam jangka waktu yang lama. Karena mie instan dianggap kurang baik bagi kesehatan, maka banyak orang yang akhirnya mengalihkan hobi mengkonsumsi mie dengan memakan mie ayam atau beberapa jenis mie lain yang diproduksi oleh home industry. Apakah mie home industry ini memang lebih baik dari mie instan?

doktersehat-mie-bakmi

Banyak pakar kesehatan yang meragukan apakah mie hasil produksi home industry memang lebih sehat dari mie instan atau tidak. Masih belum ada penelitian yang secara jelas menjelaskan apakah mie home industry tidak memakai bahan pengawet berbahaya layaknya pada mie instan atau tidak. Hanya saja, kita tentu harus waspada mengingat banyak produsen bahan makanan yang tidak segan memakai bahan berbahaya layaknya boraks atau bahkan pewarna makanan yang tidak sehat. Untuk bahan pengawet, BPOM sendiri mencatat bahwa hampir 90 persen produsen makanan kemasan memakai bahan pengawet. Masalahnya adalah, masih ada banyak produsen makanan yang belum tersertifikasi oleh BPOM namun telah memiliki konsumen cukup besar sehingga belum diketahui apakah memakai bahan kimia berbahaya atau tidak.

Karena pengawasannya masih sangat lemah, maka bisa jadi bahan makanan layaknya mie instan home industry tentu masih belum bisa dijamin keamanannya. Sebagai contoh, baru-baru ini ditemukan mie yang ternyata memiliki kandungan bahan pengawet berbahaya layaknya formalin yang tentu bisa membuat kerusakan pada organ tubuh, kerusakan sel, hingga memicu masalah kanker. Biasanya, mie produksi home industry yang memakai bahan pengawet dan bahan pewarna berbahaya memiliki ciri berupa warnanya yang kuning terang, teksturnya yan kenyal dan keras, serta diklaim mampu bertahan beberapa hari. Mie yang aman dari bahan kimia berbahaya justru memiliki warna yang tidak menarik karena lebih pucat dan terkesan lebih lembek.

Baca Juga:  Agar Mengkonsumsi Kopi Tidak Disertai Dengan Lambung Perih

Saat kita memilih bahan mie, cobalah untuk lebih teliti dengan mengecek bahan pembuatannya. Selain itu, akan jauh lebih aman untuk memilih mie yang sudah tersertifikasi oleh BPOM, SNI, atau bahkan MUI. Mie yang telah tersertifikasi setidaknya akan jauh lebih aman untuk dikonsumsi karena tentu telah melakukan berbagai prosedur yang dianggap aman oleh badan kesehatan.