Apakah Memiliki Kulit yang Berminyak Berarti Kita Tidak Membutuhkan Pelembab?

DokterSehat.Com – Salah satu masalah kulit yang cukup mengganggu adalah kulit yang berminyak. Tak hanya akan membuat kulit menjadi lebih kusam, kulit berminyak juga bisa menyebabkan masalah lainnya layaknya komedo atau jerawat yang tentu akan merusak penampilan wajah kita. Mengingat minyak alami yang diproduksi oleh wajah ini sebenarnya ditujukan untuk menjaga kelembaban wajah, apakah hal ini berarti kita tidak perlu menggunakan produk pelembab pada wajah yang mengalami masalah kulit berminyak?

dotersehat-kulit-wajah-pori-mengecil-deodoran-untuk-wajah-berminyak

Pakar kecantikan menyebutkan bahwa produk pelembab ternyata juga bisa membantu mengatasi masalah kulit berminyak. Pelembab yang sesuai dengan kulit kita ternyata bisa menurunkan produksi sebum, minyak alami kulit, dengan signifikan. Tak hanya itu, kita juga bisa membuat tekstur kulit menjadi lebih baik. Bagaimana hal ini bisa terjadi? Pakar kecantikan menyebutkan bahwa sel-sel di dalam tubuh kita, termasuk sel kulit, ternyata membutuhkan air agar bisa bekerja dengan semestinya. Minyak alami yang diproduksi oleh kulit ternyata tidak berkaitan dengan kadar air atau tingkat hidrasi pada kulit yang mempengaruhi kelembabannya. Hal ini berarti, andai kita mengalami masalah kulit berminyak, hal ini belum tentu manandakan bahwa kulit kita memiliki kadar air atau kelembaban alami yang cukup.

Dengan menggunakan produk pelembab yang tepat, maka kita bisa membuat kulit menjaga kadar airnya sehingga kita pun bisa membuat proses regenerasi sel kulit berlangsung dengan baik. Hal ini tentu akan membuat kulit menjadi lebih halus dan kenyal.

Lantas, pelembab seperti apakah yang bisa digunakan oleh mereka yang mengalami masalah kulit berminyak? Pakar kecantikan menyarankan kita untuk menggunakan pelembab dengan label oil-free. Selain itu, ada beberapa jenis minyak alami layaknya minyak jojoba atau tea tree yang juga baik untuk masalah kulit berminyak mengingat teksturnya yang cenderung ringan dan kemampuannya untuk menyerap dan menutrisi kulit tanpa membuat kulit menjadi berminyak.

Baca Juga:  Kulit Tetap Lembab dan Terbebas Dari Jerawat Berkat Masker Jamur

Ada baiknya kita tidak menggunakan pelembab yang mengandung parafin, lanolin, petroleum, dan juga dimetikon. Kandungan ini dikhawatirkan akan membuat kulit terasa lebih lengket dan menyumbat pori-pori sehingga membuat masalah kulit berminyak menjadi lebih parah.