Apakah Masturbasi Berbahaya Bagi Kesehatan?

DokterSehat.Com – Hampir semua orang akan sungkan jika membicarakan tentang masturbasi. Masturbasi sendiri sering dianggap sebagai sebuah aktifitas yang sangat pribadi yang bisa membuat kita mendapatkan kepuasaan seksual yang dilakukan sendiri, tanpa pasangan. Yang menjadi masalah adalah, aktifitas memuaskan diri sendiri inilah yang dianggap sebagai hal yang kurang etis untuk dibicarakan meskipun bersama dengan orang yang terdekat. Meskipun dianggap menjijikkan, banyak pakar reproduksi dan seksual justru menganggap jika masturbasi bisa memberikan dampak kesehatan bagi tubuh. Berikut adalah beberapa fakta yang bisa kita pelajari dari masturbasi.

doktersehat-pria-pinggang-besar-kanker-prostat-Gangguan-Stress-Pasca-Trauma-PTSD-diabetes-kutil-kelamin-konsultasi

Kebanyakan orang berpikir jika masturbasi hanya dilakukan oleh mereka yang belum menikah atau belum memiliki pasangan. Tanpa adanya pasangan, maka orang pun memilih untuk memuaskan nafsu seksualnya sendiri dengan cara mencari konten pornografi atau bahkan memakai seks toys yang bisa dipakai sendiri. Sayangnya, setelah menikahpun ternyata masih banyak orang yang melakukan masturbasi. Masturbasi ternyata bisa menawarkan sensasi seksual yang berbeda dengan berhubungan intim dengan pasangan dan bisa menjadi selingan yang memuaskan. Yang harus diingat adalah, siapapun tidak boleh kecanduan masturbasi karena akan sulit menghentikan aktifitas ini jika sudah di luar kendali.

Banyak orang yang berpikir jika masturbasi bisa memberikan efek negatif bagi tubuh layaknya menyebabkan kemandulan, lemah syahwat, menurunkan libido, atau bahkan memicu kebutaan! Semua mitos ini ternyata salah adanya. Masturbasi tidak akan membuat efek kesehatan tersebut karena hal ini ternyata hal yang normal dilakukan oleh semua orang, baik pria maupun wanita. Pakar kesehatan bahkan berkata jika rata-rata manusia akan melakukan masturbasi setidaknya tiga hingga tujuh kali dalam seminggu dan tidak akan memberikan efek yang negatif bagi tubuh.

Baca Juga:  Bermalas-Malasan di Masa Liburan Ternyata Bisa Memicu Kenaikan Berat Badan

Masturbasi kerap kali dianggap sebagai aktifitas yang dilakukan oleh kaum pria saja. Hal ini ternyata salah! Banyak kaum wanita yang juga sering melakukan masturbasi karena ingin mengenali keinginan seksual tubuhnya. Masturbasi bisa dilakukan wanita untuk mengetahui bagaimana cara terbaik mencapai orgasme sehingga bisa membicarakan teknik terbaik saat berhubungan intim dengan pasangannya.

Dengan adanya fakta-fakta ini, masturbasi ternyata bukanlah hal yang seharusnya dianggap sebagai hal yang terlalu menjijikkan karena banyak orang yang melakukannya atas alasan biologis yang normal. Asalkan kita tidak mencapai tahap kecanduan masturbasi, masturbasi akan tetap dianggap sebagai hal yang aman dan tidak membahayakan kesehatan.