Apakah Masih Diperbolehkan Untuk Berhubungan Seks Saat Hamil?

DokterSehat.Com – Banyak pasangan yang sedang mengalami hamil muda, khususnya untuk kehamilan pertama, cenderung tidak ingin melakukan hubungan intim. Seringkali alasan pasangan untuk enggan berhubungan seks saat hamil muda dikarenakan sang ibu sering mengeluhkan adanya perubahan tubuh dimana Ia akan merasa lemas, lelah, hingga mual-mual. Adanya kondisi ini membuat suami khawatir kondisi kesehatan istrinya akan semakin memburuk jika diajak berhubungan intim, bahkan, beberapa suami khawatir hubungan seks bisa membahayakan kondisi kehamilan. Apakah hal ini benar adanya?

doktersehat-pasangan-hubungan-intim

Pakar kesehatan menyebutkan jika hubungan intim saat hamil ternyata masih aman untuk dilakukan, asalkan, baik pria maupun wanita juga memperhatikan posisi-posisi yang aman bagi kesehatan kehamilannya. Sebagai contoh, posisi tradisional untuk berhubungan intim dimana pria berposisi di atas wanita akan membuat ibu hamil tetap dalam kondisi nyaman saat berhubungan. Hanya saja, ada baiknya ibu hamil tidak hanya berada dalam posisi berbaring telentang karena bisa membuat janin menekan pembuluh darah, khususnya jika kehamilan sudah mencapai trimester ketiga, sehingga ibu hamil beresiko mengalami pusing-pusing. Untuk menghindarinya, posisi dari belakang atau samping juga bisa dijadikan variasi saat berhubungan intim.

Beberapa varian seks lain layaknya oral seks masih dianggap aman, asalkan sang suami tidak meniupkan udara ke dalam vagina yang bisa menyebabkan emboli udara. Sementara itu, seks anal sama sekali tidak disarankan untuk dilakukan karena berpotensi menyebabkan infeksi. Satu hal yang pasti, ada baiknya pria memakai kondom saat berhubungan intim dengan pasangannya yang sedang hamil untuk mencegah timbulnya infeksi yang membahayakan kehamilan.

Meskipun begitu, ada baiknya pasangan suami istri melakukan konsultasi pada dokter kandungan tentang hubungan seks pada saat kehamilan karena setiap ibu hamil memiliki kondisi kesehatan yang berbeda-beda. Andai ternyata kondisi kehamilan cukup rentan mendapatkan masalah dan bisa diperburuk karena hubungan seks, maka mau tidak mau baik suami maupun istri sebaiknya puasa berhubungan intim terlebih dahulu.