Apakah Masih Ada Roti yang Sehat Bagi Tubuh?

DokterSehat.Com – Kita tentu telah kerap mendengar tentang roti tawar putih yang dianggap tidak sehat bagi kesehatan. Pakar diet sendiri menyebutkan jika roti tawar putih ini sama sekali tidak memberikan nutrisi bagi tubuh dan jika kita kerap mengkonsumsinya, yang terjadi justru kita akan mengalami lonjakan gula darah yang sangat cepat sehingga kita justru beresiko mengalami dehidrasi. Lantas, apakah sebenarnya masih ada roti yang sehat bagi tubuh? Pakar kesehatan menyebutkan jika asalkan kita cermat dalam memilihnya, kita masih bisa mengkonsumsi roti yang sehat bagi tubuh, kok.

doktersehat-roti-ketimun-tomat

Pakar diet Keri Gans, R.D.N, C.D.N, menyebutkan jika masih ada roti yang sangat sehat bagi tubuh kita, asalkan roti tersebut benar-beanr terbuat dari bahan gandum. Memang, roti yang terbuat dari bahan gandum akan cenderung terasa kurang nikmat dan lebih keras dari roti biasanya. Namun, roti yang terbuat dari bahan 100 persen gandum ini sangat sehat dan mampu membantu proses pencernaan menjadi lebih lancar. Tak hanya roti yang terbuat dari gandum, roti yang terbuat dari bahan beras merah, barley, hingga rami juga masih cukup baik bagi tubuh kita.

Keri Gans juga menyebutkan jika ada baiknya roti yang kita konsumsi adalah roti yang memiliki kandungan serat yang cukup banyak. Dengan roti yang kaya akan kandungan serat, tentu proses pencernaan kita akan menjadi lebih lancar mengingat gerakan usus menjadi lebih terbantu. Hal ini ternyata bisa membuat kesehatan usus tetap terjaga. Untuk mendapatkannya, kita bisa dengan mudah mengecek label pada roti yang akan kita makan. Pilihlah roti yang memiliki kandungan serat lebih dari tiga gram. Sebagai informasi, ada baiknya kita mengkonsumsi serat sebanyak 30 gram setiap harinya agar kesehatan pencernaan kita tetap terjaga.

Baca Juga:  Hal Yang Perlu Diwaspadai Untuk Menghindari Cedera Kaki Saat Berolahraga

Selain itu, cobalah untuk memilih roti yang terbuat tanpa adanya bahan kimia layaknya pemanis buatan, pewarna buatan, hingga bahan pengawet. Kita bisa mengeceknya pada label makanan dan andai kita tida mengerti akan bahan yang tertulis, kita bisa dengan mudah mencari artinya di internet, bukan?