Apakah Mandi Memang Harus Dilakukan Dua Kali Sehari?

DokterSehat.Com – Wajarnya, masyarakat Indonesia akan mandi dua kali dalam sehari, yakni di waktu pagi dan sore atau malam hari. Mandi di pagi hari dilakukan agar tubuh terasa segar dan bersemangat sebelum melakukan aktifitas. Sementara itu, mandi di sore atau malam hari dilakukan agar tubuh lebih bersih dari berbagai keringat, kotoran, dan berbagai hal lain yang membuat tubuh tidak nyaman. Namun, apakah memang sebaiknya kita mandi dua kali dalam sehari?

doktersehat-mandi

Sebagian pakar kesehatan menyebutkan bahwa mandi dua kali dalam sehari ternyata tidak perlu dilakukan jika dilihat dari faktor kesehatan. Bagaimana tidak, jika kita melakukannya dengan tujuan mencegah penyakit, maka mencuci tangan sebenarnya sudah cukup. Hanya saja, kebanyakan orang ternyata mandi untuk alasan estetika dimana tujuannya adalah menghilangkan bau badan dan membuat tubuh terasa lebih nyaman.

Cukup banyak orang yang memilih untuk mandi dengan air hangat karena ingin membuat badan dan pikiran lebih tenang. Sayangnya, air hangat ini justru bisa membuat minyak alami pada kulit menghilang sehingga kulit pun menjadi lebih kering dan terasa gatal-gatal. Tak hanya itu, penggunaan sabun anti bakteri yang sebenarnya bertujuan untuk menghilangkan berbagai bakteri penyebab penyakit ternyata bisa memberikan efek buruk bagi kesehatan. Sebagai informasi, kulit kita ternyata membutuhkan keseimbangan antara bakteri baik dan jahat. Sayangnya, sabun anti bakteri ini justru bisa merusak keseimbangan tersebut dan pada akhirnya menyebabkan kulit kering atau teriritasi.

Penggunaan sabun anti bakteri ini disebut-sebut membuat frekuensi mandi dua kali dalam sehari tidak ideal bagi kesehatan kulit. Hanya saja, jika kita memang sudah terbiasa melakukannya, pakar kesehatan juga tidak mempermasalahkannya. Demi mencegah masalah kulit kering karena mandi, ada baiknya kita tidak menggunakan air hangat saat mandi terkecuali jika kita sedang dalam kondisi tidak enak badan.