Apakah Makan Pisang Goreng Bermanfaat Bagi Kesehatan?

DokterSehat.Com– Semua orang tentu sudah tahu manfaat kesehatan dari buah pisang. Tak hanya bisa menyehatkan saluran pencernaan, pisang kaya akan kandungan potassium yang membantu menjaga tekanan darah, irama jantung, hingga irama otak tetap dalam kondisi yang normal. Tak hanya dimakan secara langsung, kita juga mengenal olahan pisang goreng yang memiliki rasa yang nikmat. Hanya saja, sebuah pertanyaan pun muncul, apakah memakan pisang goreng membuat kita tetap mendapatkan manfaat sehatnya?



Pakar kesehatan menyebutkan bahwa meskipun memiliki rasa yang nikmat, pisang goreng yang dimasak dengan campuran tepung, gula, serta minyak ternyata membuatnya menjadi makanan yang kaya lemak. Dalam satu buah pisang goreng, kita bisa mendapatkan 2 gram lemak total, 1 gram lemak jenuh, serta 49 miligram kolesterol. Hal ini berarti, mengkonsumsi pisang goreng bisa memberikan 5 persen lemak jenuh pada tubuh yang bisa meningkatkan kadar kolesterol jahat.

Tak hanya kaya akan lemak jenuh, pisang goreng ternyata juga memiliki kadar kalori yang sangat banyak, tepatnya 198 kalori, hampir 2 kali lipat dari kalori dalam satu buah pisang. Hal ini berarti, banyak mengkonsumsinya akan membuat kita lebih mudah menaikkan berat badan.

Pisang yang digoreng ternyata mengalami penurunan kadar potassium dengan drastis. Tak hanya itu, berbagai kandungan mineral yang ada pada buah ini juga akan menghilang. Fakta ini didapatkan dari sebuah penelitian yang hasilnya diterbitkan dalam International Journal of Food Sciences and Nutrition.

Melihat adanya fakta ini, kita bisa mengambil kesimpulan bahwa pisang goreng termasuk dalam makanan yang kurang sehat dan justru bisa meningkatkan resiko beberapa jenis penyakit jika dikonsumsi dalam jumlah yang banyak meskipun bahan utamanya adalah buah yang sehat. Jika kita ingin mendapatkan manfaat kesehatan maksimal dari buah pisang, ada baiknya kita mengkonsumsinya secara langsung saja.