Apakah Lotion Anti Nyamuk Aman Untuk Digunakan?

DokterSehat.Com– Belakangan ini akun Twitter fotografer terkemuka Arbain Rambey mengungkapkan fakta bahwa lotion anti nyamuk ternyata bisa merusak bahan plastik dan bahkan baterai kameranya. Banyak orang yang kemudian bertanya-tanya tentang apakah lotion anti nyamuk ini aman untuk digunakan atau tidak mengingat bahan plastik saja bisa sampai rusak seperti meleleh setelah terkena lotion ini.

doktersehat-malaria-nyamuk-anopheles-plasmodium-chikungunya

Penggunaan lotion anti nyamuk memang dianggap lebih baik untuk dilakukan alih-alih memakai obat nyamuk bakar atau obat nyamuk elektrik yang bisa membuat polusi udara dalam ruangan yang tentu berbahaya bagi kesehatan pernafasan. Selain itu, aroma lotion anti nyamuk yang harum jelas lebih enak jika dibandingkan dengan aroma jenis obat nyamuk lainnya yang cenderung menyengat. Hanya saja, menurut pakar kesehatan dr. Tri Wahyono dari Universitas Indonesia, penggunaan lotion anti nyamuk ini dalam jangka panjang ternyata bisa berimbas pada masalah kesehatan kulit, khususnya dalam hal memicu iritasi kulit.

Selain kurang baik bagi kulit, penggunaan lotion anti nyamuk juga disebut-sebut bisa membuat nyamuk menjadi resisten dengan senyawa yang seharusnya bisa mengusir mereka. Hal ini tentu akan membuat nyamuk kebal pada senyawa tersebut dan akhirnya bebas menggigit tubuh kita.

Dr. Tri pun menyarankan kita untuk selalu membaca aturan pakai dan efek samping dari lotion anti nyamuk yang akan kita gunakan agar bisa memilih yang paling tidak beresiko menyebabkan iritasi kulit.