Apakah Kopi Baik dan Aman Untuk Dikonsumsi Anak-anak?

DokterSehat.Com – Salah satu minuman yang menjadi favorit bagi sebagian masyarakat Indonesia adalah kopi. Rasanya yang nikmat dan mantap dianggap sebagai minuman yang bisa menambah energi untuk aktifitas seharian. Selain orang dewasa, ternyata ada sebagian anak-anak yang juga suka mengkonsumsi kopi selain mengkonsumsi minuman lain layaknya susu. Hal ini tentu akan terlihat kurang wajar mengingat kopi sangatlah identik dengan minuman bagi orang dewasa. Pertanyaan pun muncul; apakah kopi cukup aman bila dikonsumsi oleh anak-anak?

doktersehat-anak-aktif

Sebelum menjawab pertanyaan ini, kita sendiri bisa mengenal berbagai faedah kopi bagi kesehatan tubuh. Rutin mengkonsumsi kopi dengan takaran yang pas diyakini bisa menurunkan berbagai resiko penyakit berbahaya layaknya alzheimer, parkinson, kanker usus, atau bahkan diabetes. Sayangnya, jika kita mengkonsumsinya dengan berlebihan, organ jantung pun beresiko terkena masalah kesehatan.

Seorang pakar kesehatan yang melakukan penelitian pada minuman ini, dr Thomas de Paulis menuturkan jika kopi termasuk dalam minuman yang cukup aman bagi anak-anak. Bahkan, kopi diyakini bisa membuat anak lebih baik dalam berkonsentrasi, khususnya jika diminum sebelum menyelesaikan tugas maupun ujian. Bahkan, anak-anak di Brasil tergolong rutin mengkonsumsi kopi setiap hari dan mampu menurunkan resiko terkena depresi.

Dibalik kebaikannya itu, orang tua juga ternyata tetap harus mewaspadai kandungan kafein pada kopi yang jika dikonsumsi secara berlebihan akan kurang baik bagi kesehatan saraf dan jantung. Dalam beberapa kasus, konsumsi kopi juga bisa memicu masalah anak yang hiperaktif atau bahkan kecanduan. Untuk menghindarinya, de Paulis menyarankan orang tua untuk membatasi pemberian kopi pada anak-anak setidaknya beberapa cangkir dalam seminggu. Takaran ini diyakini masih cukup aman untuk dikonsumsi sang buah hati sehingga tubuhnya pun tetap sehat.