Apakah Kondom Wanita Dapat Mencegah Penyakit Kelamin?

DokterSehat.com – Selain dipakai oleh kaum pria, kondom ternyata juga dapat dipakai oleh kaum hawa, meskipun dengan jenis dan bentuk yang berbeda dengan kondom kaum pria. Tujuan dari penggunaan kondom ini juga sama dengan kondom pria, yakni disamping mencegah adanya kehamilan, juga mencegah adanya penularan dari penyakit kelamin.



Dari segi bentuk, kondom yang juga disebut sebagai cervical cap ini melekat pada dinding rahim, berbeda dengan kondom pria yang akan menutup seluruh kulit penis. Yang menjadi pertanyaan besar adalah, apakah dengan posisinya yang hanya melekat pada dinding rahim maka penyakit kelamin tidak akan menular ke perempuan pemakai saat berhubungan intim dengan lawan jenis?

Memang, cervical cap telah terbukti mampu menggagalkan kehamilan dengan presentasi keberhasilan yang sangat meyakinkan, yakni antara 80 hingga 90 persen. Namun, hal berbeda justru ditunjukkan pada pencegahan penularan penyakit kelamin. Seorang pakar kesehatan kandungan dari Rumah Sakit Surabaya Internasional bernama dr Hendra Sura, SpO.G menuturkan bahwa resiko akan masuknya virus seperti HIV/AIDS atau kutil kelamin masih sangat besar meskipun perempuan telah memakai cervical cap.

Disamping adanya resiko tertular penyakit masih besar, penggunaan dari cervical cap ini juga dirasa sangat tidak praktis dan memberikan berbagai efek samping yang kurang baik. Penggunaan cervical cap dapat membuat durasi haid menjadi lebih panjang, bahkan dapat ditemukan adanya bercak-bercak darah. Efek samping ini bahkan dapat berlangsung hingga tiga sampai lima bulan setelah pemasangan dari cervical cap.

Melihat banyaknya kelemahan dari kondom khusus wanita ini, banyak wanita yang lebih memilih jenis kontrasepsi spiral untuk mencegah kehamilan. Untuk pencegahan penyakit menular, memang kondom pria dapat membantu pencegahan penularan ini. Namun, ada baiknya kegiatan seks yang sehat dan tidak berganti-ganti pasangan diterapkan dengan baik oleh kaum perempuan, sehingga pencegahan penyakit kelamin dapat dilakukan dengan efektif.