Apakah Kita Harus Memakai Kondisioner Setelah Keramas?

DokterSehat.Com– Siapa sih yang tidak ingin memiliki rambut yang indah dan sehat? Semua orang, baik pria ataupun wanita tentu ingin mendapatkannya. Tak hanya tentang mendapatkan penampilan rambut yang jauh lebih baik, rambut yang sehat tentu akan memberikan rasa nyaman.

doktersehat-kesehatan-rambut-bercabang

Tak hanya dengan menggunakan shampoo untuk membersihkan rambut secara teratur, pakar kesehatan menyarankan kita untuk menggunakan kondisioner. Hanya saja, sebuah pertanyaan pun muncul, apakah kita harus menggunakan kondisioner setelah berkeramas jika ingin mendapatkan rambut yang sehat?

Pakar kesehatan Nick Arrojo menyebut kondisioner sebagai produk yang sangat direkomendasikan untuk dipakai setelah berkeramas. Produk ini bisa menghidrasi bagian kutikula atau lapisan terluar rambut sehingga kutikula yang sebelumnya merenggang bisa kembali merapat. Hal ini tentu akan membuat rambut terjaga kelembabannya dan akhirnya terasa lebih halus, lembut, dan mudah diatur. Penggunaan kondisioner sangatlah direkomendasikan bagi mereka yang mengalami masalah rambut kering, rambut rapuh, rambut berwarna, hingga rambut yang kerap terkena bahan kimia karena proses styling.

Kebanyakan produk kondisioner memang digunakan setelah berkeramas. Hal ini disebabkan oleh penggunaan shampoo yang akan membuat rambut cenderung lebih kering. Dengan menggunakan kondisioner setelahnya, maka rambut akan kembali lembab. Saat menggunakannya, ada baiknya kita mengoleskannya pada batang dan ujung rambut saja, tidak sampai bagian akar rambut karena bagian batang dan ujung rambutlah yang paling membutuhkan kelembaban.

Sebelum menggunakannya, pastikan untuk mengetahui jenis rambut kita terlebih dahulu sehingga bisa memilih kondisioner yang tepat. Sebagai contoh, ada kondisioner yang cocok untuk menambah volume rambut, ada kondisioner yang bisa mengatasi rambut kering, ada kondisioner yang cocok bagi rambut yang berminyak, dan kondisioner yang cocok bagi rambut yang berwarna.