Apakah Keputihan Memang Mampu Membuat Sulit Hamil?

DokterSehat.Com – Salah satu masalah kesehatan yang cukup sering muncul pada kaum hawa adalah keputihan. Tak hanya membuat wanita merasa tidak nyaman, keputihan juga kerap kali dianggap sebagai salah satu penyebab wanita sulit untuk hamil. Padahal, bagi kaum hawa yang sudah menikah, mendapatkan kehamilan tentu akan menjadi hal yang sangat diidam-idamkan, bukan? Apakah memang keputihan memang benar bisa menghambat wanita untuk mendapatkan kehamilan?

doktersehat-organ-intim-wanita-vagina

Pakar kesehatan dr. Noviyanti, SpOG yang berasal dari Mayapada Hospital di Tangerang menyebutkan bahwa mitos tentang keputihan yang bisa menyebabkan wanita susah mendapatkan kehamilan ternyata tidak benar adanya. Menurut dokter spesialis kandungan ini, kita harus membedakan terlebih dahulu mana keputihan yang normal dan mana yang tidak normal. Sebagai informasi, andai keputihan yang keluar adalah cairan dengan warna yang cenderung bening atau putih dan tidak berbau serta tidak menimbulkan keluhan lainnya, maka hal ini adalah keputihan normal dan tidak akan menimbulkan gangguan kesuburan. Biasanya, keputihan yang normal ini akan muncul pada saat menjelang atau setelah fase menstruasi, berbeda-beda pada setiap wanita.

Jika keputihan ini disertai dengan bau yang tidak normal, sensasi panas dan gatal, atau bahkan adanya infeksi pada organ reproduksi, maka hal ini sebaiknya kita waspadai karena bisa saja berpengaruh bagi kesuburan seorang wanita. Jika keputihan yang tidak normal ini kerap terjadi, dikhawatirkan wanita akan mengalami masalah radang panggul dan akhirnya akan menurunkan peluangnya untuk mendapatkan kehamilan mengingat persentase keberhasilan pembuahan sel telur pada tubuhnya pun akan semakin rendah.

Lantas, apa yang bisa dilakukan wanita untuk menghindari hal ini? Dr. Noviyanti menyarankan kaum hawa untuk segera melakukan tes papsmear untuk mengetahui apakah ada masalah pada organ reproduksinya atau tidak. Jika memang ditemukan ada ketidaknormalan, maka hal ini tentu bisa segera diatasi.