Apakah Kekurangan Lemak Bisa Berpengaruh Pada Kesehatan Tubuh?

DokterSehat.Com – Banyak orang yang berpikir jika lemak adalah kandungan yang sebaiknya dihilangkan dari tubuh. Padahal, lemak sendiri sangatlah dibutuhkan untuk membuat tubuh bisa bekerja dengan normal setiap harinya. Jika anda mengalami kondisi kurang lemak, maka tubuh pun bisa mengalami beberapa gangguan. Berikut adalah kondisi tubuh yang bisa terjadi jika tubuh mengalami kekurangan lemak.



Saat tubuh kekurangan lemak, maka kita pun akan cenderung mudah lapar. Bagaimana hal ini bisa terjadi? Normalnya, tubuh akan cenderung mencerna lemak lebih lama daripada karbohidrat. Kondisi ini bisa memicu rasa kenyang setelah makan dalam jangka waktu yang lebih lama hingga waktu makan kembali. Jika tubuh mengalami kekurangan asupan lemak, maka meskipun kita sudah makan, hanya sebentar maka tubuh kita akan merasa lapar kembali.

Tubuh yang kekurangan lemak juga bisa membuat otak mengalami masalah dalam berkonsentrasi. Lemak sendiri memiliki kandungan kalori yang sangat banyak, bahkan jauh lebih banyak jika dibandingkan dengan protein atau bahkan karbohidrat yang sering dianggap sebagai sumber energi. Dengan jumlah kalori yang kurang di dalam tubuh, maka otak pun kesulitan untuk berkonsentrasi dan menyelesaikan banyak pekerjaan. Selain itu, secara mental orang yang kekurangan lemak pun cenderung mudah merasa gugup dan mudah mengalami depresi jika tertekan. Disamping itu, kulit pun akan mengalami masalah berupa tampilan yang cenderung kusam dan tidak segar. Lemak sendiri diperlukan kulit untuk menyerap vitamin sehingga tampilan kulit pun menjadi lebih segar dan lebih sehat. Dengan kandungan lemak yang sangat kurang, maka kelembaban kulit pun semakin berkurang dan banyak masalah kulit pun bermunculan.

Bagi kaum hawa, kekurangan kandungan lemak juga bisa memberikan masalah tersendiri, khususnya dalam menjaga keseimbangan hormon. Dengan hormon yang tidak lagi seimbang, siklus menstruasi pun bisa menjadi bermasalah dan tidak teratur. Dengan berbagai masalah kesehatan ini, ada baiknya kita tentu tetap menjaga kandungan lemak dalam tubuh. Hanya saja, kita tentu harus mengingat jika kandungan lemak yang berlebihan sangatlah berbahaya. Jagalah kandungan lemak dalam kondisi yang seimbang sehingga tubuh pun tetap dalam kondisi yang sehat dan bugar.

Baca Juga:  Resiko Besar Yang Didapatkan Jika Hamil di Usia 40-an