Apakah Kekenduran Buah Zakar Adalah Sebuah Penyakit?

DokterSehat.com – Kebanyakan kaum pria tidak begitu baik dalam hal membersihkan daerah intim mereka. Hal ini dapat dilihat dari cara mandi pria kebanyakan yang biasanya berlangsung dalam waktu yang cukup singkat. Hal yang menjadi masalah adalah area intim kaum pria nyaris selalu tertutup sepanjang waktu. Dengan kondisi yang nyaris jarang terpapar cahaya maupun udara segar, kondisi area intim pria pun rentan mengalami kelembaban, yang mana dapat memicu adanya pertumbuhan bakteri di area tersebut.

6

Selain adanya pembiaran akan pertumbuhan bakteri, kaum pria juga banyak yang tidak memperhatikan kondisi alat kelamin mereka. Bahkan, bisa dikatakan kebanyakan kaum pria tidak tahu bagaimana bentuk atau kondisi kelamin yang sehat atau tidak. Salah satu bagian yang juga jarang dirawat adalah bagian buah zakar dan kantungnya.

Banyak kaum pria yang tidak mengerti bahwa buah zakar juga perlu dicek kadar kesehatannya. Beberapa bagian yang perlu dicek adalah bagian skrotum, inguninal, atau ektopik, letak dari retraktil. Selain itu, jumlah buah zakar, kelunakan, kekenyalan, atau kekerasan, atau bahkan kenyerian atau tidak patut diperhatikan dalam menjaga kesehatan buah zakar.

Masalah umum yang dialami bagian buah zakar adalah kantung zakar yang mengendur. Hal ini disebabkan adanya penurunan volume buah zakar yang biasanya berkisar 30 ml untuk keduanya. Buah zakar ini harusnya cukup kenyal seperti bakso namun saat melunak harus dapat terasa seperti kapas.

Volume buah zakar ini jika terus menurun dapat menyebabkan radang testis atau yang disebut dengan orchitis yang dapat disebabkan oleh virus ataupun bakteri, buah zakar yang terpelintir, pataupun pembesaran pembuluh darah di alat kelamin.

Jika anda merasakan adanya pengenduran di kantung buah zakar anda, ada baiknya anda mulai memeriksakan keadaan alat vital anda ke dokter terdekat agar tidak menjadi masalah yang lebih besar di masa depan.