Apakah Itu Kanker Payudara?

DokterSehat.Com – Kanker payudara adalah suatu keganasan yang berkembang pada jaringan payudara. Kanker adalah suatu penyakit yang terjadi karena adanya pertumbuhan sel yang tidak normal. Kanker payudara lebih umum terjadi pada wanita, namun pada pria kanker payudara juga mungkin terjadi hanya saja jumlahnya sangat kecil.

dokteseaht-wanita-kankerpayudara

Jenis kanker payudara yang umum:

  • Ductal carcinoma, terjadi 85-90% dari semua kasus kanker payudara
  • Lobular carcinoma, terjadi 8% dari semua kasus kanker payudara

Penyebaran kanker payudara
Kanker payudara memiliki potensi untuk menyebar tidak hanya ke jaringan disekitar sel kanker tapi juga ke organ lain yang lokasinya relative jauh dari tempat asalnya. Penyebaran ini tergantung pada stadium kanker payudara, umumnya terjadi pada kanker payudara yang sudah stadium lanjut. Ada beberapa jenis dan sub jenis kanker payudara yang menyebar

Sering terjadi pada:

  • Kanker payudara jenis inflamasi (terjadi di kulit)
  • Penyakit puting Paget’s

Gejala kanker payudara

  • Adanya benjolan atau penebalan pada payudara atau ketiak
  • Terjadi perubahan ukuran atau bentuk payudara
  • Ada cairan pada puting susu namun bukan ASI
  • Terjadi perubahan ukuran atau bentuk puting payudara
  • Terjadi perubahan warna atau tekstur puting atau areola, bisa juga terjadi perubahan pada kulit payudara itu sendiri (lesung, ruam)

Nyeri pada payudara
Pada stadium dini kanker payudara mungkin tidak akan menyebabkan nyeri dan ketidaknyamanan. Sebaiknya lakukan pemeriksaan payudara secara rutin, baik itu dengan pemeriksaan sendiri (Pemeriksaan Payudara Sendiri) atau dengan metode yang lebih canggih seperti mamografi, tentu saja untuk melakukan ini harus dibantu oleh dokter. Dengan pemeriksaan secara rutin ini diharapkan anda akan mengetahui jika terjadi perubahan pada payudara.

Namun yang harus diingat adalah banyak benjolan dan ruam yang bukan merupakan kanker dan dapat memberikan respon yang baik pada pengobatan.

Baca Juga:  Tak Bersunat Meningkatkan Resiko Kanker Penis

Saat ini perkembangan pengobatan pada kanker payudara sangat berkembang pesat dan tentunya target pengobatan adalah 100% bebas dari kanker payudara. Pemeriksaan secara dini sangatlah membantu dan menjadi kunci bagi keberhasilan pengobatan kanker payudara.