Apakah Ibu Menyusui Boleh Mengkonsumsi Teh Hijau?

DokterSehat.Com – Teh hijau sudah dikenal luas sebagai minuman yang bisa memberikan berbagai manfaat kesehatan bagi manusia. Minuman herbal ini diyakini bisa membuat kita terbebas dari stress sekaligus mencegah berbagai macam masalah kesehatan layaknya koleterol tinggi, tekanan darah, hingga penumpukan lemak pada tubuh.

doktersehat-teh-hijau-matcha

Melihat ada begitu banyak manfaat dari konsumsi teh hijau ini, cukup banyak kaum hawa, khususnya yang baru saja melahirkan dan sedang menyusui buah hatinya yang mengkonsumsi minuman herbal ini secara rutin. Logikanya, dengan rutin mengkonsumsi teh hijau, maka tubuhnya akan bisa segera langsing kembali sehingga mereka pun bisa mendapatkan kembali rasa percaya diri. Tak hanya itu, berbagai nutrisi baik di dalam teh hijau juga akan masuk ke dalam tubuh bayi dan bisa mendukung kesehatan sekaligus perkembangannya.

Hanya saja, pakar kesehatan menyarankan ibu menyusui untuk tidak mengkonsumsi teh hijau secara berlebihan. Dua cangkir teh hijau dianggap sebagai batas maksimal untuk konsumsi minuman herbal ini. Pembatasan ini dilakukan karena teh hijau juga memiliki kandungan kafein yang bisa mempengaruhi pola tidur sang buah hati. Padahal, waktu tidur adalah waktu yang sangat penting bagi perkembangan tubuh dan kecerdasan sang buah hati. Tak hanya itu, terlalu banyak mengkonsumsi teh hijau juga bisa memicu dehidrasi pada ibu. Jika hal ini dibiarkan tentu akan sangat berbahaya karena bisa mempengaruhi produksi ASI dengan signifikan.

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh F. Minirth dan timnya pada tahun 2005 silam menyebutkan bahwa ada baiknya ibu menyusui tidak sering-sering mengkonsumsi teh hijau dan menggantinya dengan jus buah segar. Teh hijau diyakini bisa menyebabkan iritasi dan aktifitas usus. Hal ini tentu kurang baik jika dibandingkan dengan konsumsi jus buah segar yang menyehatkan dan tidak memberikan efek samping bagi kesehatan ibu maupun buah hatinya.