Apakah Ibu Hamil Masih Diperbolehkan Naik Sepeda Motor?

DokterSehat.Com – Kehamilan adalah sesuatu yang sangat ditunggu-tunggu oleh banyak pasangan, apalagi bagi pasangan yang belum memiliki keturunan. Karena alasan inilah banyak pasangan yang menjadi sangat berhati-hati untuk menjaga kondisi kehamilan, khususnya jika kehamilan masih berusia muda di trimester pertama. Jika ibu hamil mengalami kecerobohan atau kecelakaan, maka resiko keguguran pun bisa meningkat. Kondisi ini mengundang pertanyaan bagi kebiasaan sebagian besar masyarakat Indonesia yang sangat mobile dengan menggunakan kendaraan sepeda motor. Sementara itu, kita sendiri mengetahui jika sepeda motor rentan dengan berbagai guncangan atau resiko terkena kecelakaan yang cukup tinggi yang tentu beresiko tinggi menyebabkan keguguran. Apakah ibu hamil masih diperbolehkan menaiki sepeda motor demi kesehatan kehamilannya?

doktersehat-naik-motor

Pakar kesehatan menyebutkan jika menaiki kendaraan sepeda motor ternyata masih diperbolehkan. Hanya saja, ibu hamil tentu harus memahami apakah kondisi kehamilannya cukup baik dan tanpa gangguan, khususnya saat kehamilan berada di trimester pertama yang sangat rentan. Namun, jika dalam pemeriksaan rutin, ibu hamil cenderung dalam kondisi yang sehat, maka menaiki kendaraan sepeda motor tidak akan menjadi masalah, namun juga dengan sedikit memperhatikan beberapa catatan tertentu.

Saat trimester pertama kehamilan, ibu hamil cenderung dilarang mengendarai sepeda motor seorang diri dan sebaiknya dibonceng pasangannya jika harus melakukan aktifitas di berbagai tempat. Hanya saja, saat menaiki sepeda motor ini, baik suami atau istri harus meminimalisir guncangan sebaik mungkin sehingga beresiko mengeluhkan flek, kram perut, hingga pendarahan. Selain itu, ibu hamil juga harus mendapatkan perlindungan maksimal layaknya memakai helm, jaket, atau bahkan semacam sabuk penopang kehamilan yang bisa menahan goncangan tatkala memakai sepeda motor.

Hanya saja, jika ibu hamil harus melakukan perjalanan jarak jauh, maka penggunaan sepeda motor pun menjadi sangat tidak direkomendasikan. Cobalah untuk memakai kendaraan roda empat atau bahkan kendaraan umum yang jauh lebih aman dan nyaman sehingga kondisi kesehatan ibu hamil pun tetap baik.