Apakah Ibu Hamil Diperbolehkan Mengecat Rambutnya?

DokterSehat.Com – Kehamilan adalah salah satu masa dimana seorang ibu menjadi lebih berbahagia sekaligus lebih waspada. Bagaimana tidak, adanya buah hati yang akan segera terlahir tentu akan memberikan rasa bahagia, terlebih bagi mereka yang baru pertama kali merasakan kehamilan. Namun, masa kehamilan juga menjadi masa yang krusial karena di masa inilah kesehatan ibu dan anak, sekaligus perkembangan dari janin harus dijaga dengan baik. Berbagai pantangan yang harus dijalani oleh ibu hamil tentu harus dipatuhi, meskipun seringnya adalah tentang kegiatan atau konsumsi makanan tertentu. Namun, ada juga mitos yang berkembang di masyarakat layaknya ibu hamil yang dilarang mengecat rambutnya karena diyakini bisa membahayakan kehamilan. Apakah mitos ini benar adanya?

doktersehat-kehamilan-mengecat-rambut-berbahaya

Pakar perawatan rambut Bruno Eliorrioroz menyebutkan jika mitos ini tidak benar adanya, hanya saja ibu hamil harus menunggu masa kehamilannya mencapai trimester kedua terlebih dahulu dan harus melakukan tes pada kulit kepala, barulah pengecatan rambut boleh dilakukan. Mitos ini sendiri muncul karena dikhawatirkan bahan kimia pada produk pengecatan rambut berbahaya bagi janin. Bruno sendiri mengamini bahwa perubahan keseimbangan hormon pada ibu hamil bisa membuat reaksi tubuh ibu hamil pada bahan kimia produk perawatan rambut bisa berbeda. Hanya saja, didukung oleh pakar perawatan rambut lainnya, Kathy Rogerson, asalkan hasil tes kulit kepala tidak menunjukkan tanda bahaya dan ibu hamil melakukan beberapa langkah pencegahan, maka pengecatan rambut akan aman bagi ibu hamil.

Meskipun ibu hamil pernah memakai cat rambut yang sama sebelumnya, Ia tetap harus melakukan tes alergi terlebih dahulu setidaknya 48 jam sebelum mulai mengecat rambut. Selain itu, jika dari hasil tes diketahui bahwa rambut dalam kondisi sehat dan tumbuh dengan kuat, seharusnya proses pewarnaan akan aman bagi ibu hamil. Hanya saja, adanya bahan kimia paraphenylenediamine atau PPD pada bahan produk pengecatan rambut memang bisa memberikan reaksi alergi pada ibu hamil sehingga harus diwaspadai.