Apakah Ibu Hamil Boleh Berpuasa?

DokterSehat.Com – Menjelang tibanya bulan Ramadhan, banyak orang mulai bersiap diri untuk menjalani ibadah puasa dengan baik. Hanya saja, bagi banyak ibu hamil, bulan puasa bisa membuat mereka mengalami dilema. Bagaimana tidak, di satu sisi, mereka ingin menjalani ibadah puasa, namun, di sisi lain mereka khawatir jika tidak adanya asupan makanan atau minuman seharian bisa mempengaruhi kesehatan atau perkembangan janin di dalam kandungan. Sebenarnya, apakah ibu hamil boleh berpuasa?

doktersehat-kehamilan-hamil

Pakar kesehatan menyebutkan bahwa jawaban dari pertanyaan ini sangat bergantung pada kondisi kesehatan ibu, usia kehamilan, hingga kondisi kehamilan. Telah ada beberapa penelitian kesehatan yang menyebutkan bahwa ibu hamil yang tetap melakukan ibadah puasa bisa meningkatkan resiko melahirkan bayi dengan berat badan yang rendah atau melahirkannya dengan prematur. Selain itu, andai puasa dilakukan di awal fase kehamilan, dikhawatirkan anak akan mengalami gangguan kecerdasan.

Hanya saja, jika ibu hamil telah melakukan konsultasi pada dokter terlebih dahulu dan memastikan bahwa kondisi badannya sehat, kuat, dan sama sekali tidak mengalami gangguan atau resiko pada kehamilannya, khususnya pada resiko terkena anemia atau diabetes gestasional, maka mereka boleh-boleh saja melakukan ibadah puasa. Jika ibu hamil ternyata mengalami masalah diabetes, ada baiknya mereka tidak berpuasa.

Saat dokter memastikan bahwa ibu hamil cukup kuat untuk berpuasa, ada baiknya ibu mencukupi asupan harian layaknya minum air putih setidaknya 2 liter serta mengkonsumsi makanan sehat dengan kadar gizi yang seimbang pada saat sahur dan berbuka. Pakar kesehatan menyarankan ibu hamil untuk memilih makanan yang bisa membuat tubuh melepas energi dengan perlahan agar tubuh mereka tidak mudah lemas selama berpuasa seperti karbohidrat kompleks yang ada pada gandum atau biji-bijian, serta makanan kaya serat layaknya sayuran dan buah-buahan. Selain itu, jangan lupakan pula asupan protein layaknya kacang-kacangan, telur, dan daging.

Baca Juga:  Ibu Hamil Tetap Ingin Berpuasa? Lakukan Hal Ini Agar Tetap Mampu Menjaga Asupan Nutrisi

Demi menjaga kondisi kehamilan, ibu hamil harus banyak beristirahat dan memindahkan banyak aktifitas setelah berbuka. Selain itu, ada baiknya ibu harus mewaspadai gejala layaknya penurunan berat badan, mual-mual, pusing, penurunan gerakan janin, hingga gejala dehidrasi. Segera periksakan kondisi ini ke dokter kandungan demi mendapatkan saran yang tepat.