Apakah Hand Sanitizer Cukup Efektif Mencegah Berbagai Macam Penyakit

DokterSehat.Com– Mengingat tidak banyak tempat umum yang menyediakan tempat untuk mencuci tangan, banyak orang yang akhirnya membawa hand sanitizer kemanapun mereka pergi. Dengan membawa hand sanitizer ini, kita pun bisa dengan mudah mencuci tangan andai akan makan atau menyentuh anak-anak. Dengan tangan yang bersih, maka kita pun akan mencegah penyebaran berbagai kuman yang bisa memicu penyakit layaknya flu, demam, dan lain sebagainya. Namun, sebuah pertanyaan pun muncul, apakah penggunaan hand sanitizer ini memang cukup efektif untuk mencegah datangnya penyakit?



Dalam sebuah kolom tanya jawab yang disediakan oleh New York Times, perdebatan tentang apakah penggunaan hand sanitizer ini cukup efektif mencegah penyakit justru belum mampu terjawab. Pakar kesehatan sendiri menyebutkan bahwa hingga saat ini, belum ada penelitian yang benar-benar membuktikan kemampuan hand sanitizer dalam mencegah penyebaran kuman dan virus penyebab penyakit.

Hanya saja, terdapat sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal kesehatan berjudul The American Journal of Public Health pada tahun 2008 silam yang menyebutkan bahwa kebiasaan menjaga kebersihan tangan, termasuk dengan cara menggunakan hand sanitizer, ternyata bisa mencegah datangnya penyakit gastrointestinal hingga 31 persen lebih baik. Bahkan, resiko terkena infeksi pada saluran pernafasan juga menurun hingga 21 persen. Menurut penelitian ini, diketahui bahwa membersihkan tangan, apapun caranya, termasuk dengan menggunakan hand sanitizer, ternyata bisa memberikan banyak keuntungan bagi kesehatan tubuh. Dengan melakukannya, kita mampu memutus penyebaran patogen penyebab penyakit dengan cukup efektif sehingga kita pun akan tidak mudah jatuh sakit.

Melihat adanya fakta ini, ada baiknya kita tidak ragu untuk membawa hand sanitizer kemanapun kita pergi agar tangan kita bisa dibersihkan sebelum makan atau setelah menyentuh berbagai benda atau orang lain yang bisa saja membawa kuman, bakteri, atau virus penyebab penyakit.