Apakah Flu yang Berkepanjangan Berbahaya?

DokterSehat.Com – Dengan cuaca yang semakin tidak menentu belakangan ini, ada kecenderungan kita akan semakin mudah untuk terkena flu. Flu atau influenza adalah penyakit yang disebabkan oleh virus dan bisa menyerang siapa saja. Sayangnya, penyakit ini sudah dianggap sebagai hal yang sepele sehingga kerap dibiarkan atau cukup hanya dengan diberi obat warung akan bisa disembuhkan. Padahal, kadangkala flu bisa bertahan dalam waktu yang lama; berhari-hari lamanya, meskipun kita sudah berusaha untuk mengkonsumsi obat. Apakah flu yang berkepanjangan ini berbahaya dan menjadi tanda akan adanya penyakit yang lebih serius?

doktersehat-wanita-flu-demam-sakit-flu-babi-swine-influenza

Pakar kesehatan dr. Abrijanto SB, M.Si menyebutkan jika flu adalah penyakit yang seringkali muncul karena sistem kekebalan tubuh kita menurun. Virus yang menyerang kita adalah virus haemoplhylus influenza dan bisa membuat kita terkena flu dalam kadar yang ringan maupun berat. Yang menarik adalah, jika seseorang cenderung suka menerapkan gaya hidup sehat layaknya berolahraga dengan rutin, beristirahat dengan cukup dan menjaga pola makan dengan gizi seimbang serta tidak mudah stress akan cenderung sulit untuk terkena flu mengingat daya tahan tubuhnya dalam kondisi yang baik sehingga virus ini tidak mudah menyerang tubuh kita.

Flu yang berat dan berlangsung dalam waktu yang lama ternyata memang harus diwaspadai. Menurut dr. Abrijanto, kadangkala ada infeksi sekunder yang terjadi sehingga membuat flu ini tidak kunjung mereda layaknya adanya infeksi stapilococus yang bisa berlanjut menjadi masalah arthritis atau bahkan myocarditis. Hal ini berarti, andai flu tak kunjung mereda, ada baiknya kita segera memeriksakan kondisi ini ke dokter untuk mendapatkan penanganan medis yang lebih baik.

Soal obat warung yang diyakini mampu menyembuhkan flu, dr. Abrijanto menyebutkan jika obat flu ini sebenarnya hanya menekan gejala flu layaknya pilek, panas, atau bahkan pusing-pusing saja, bukan menyembuhkan secara total. Andai sistem imun tubuh kita masih buruk, maka gejala ini akan bisa muncul lagi. Hal ini berarti, andai kita terkena flu, ada baiknya kita memperbaiki daya tahan tubuh dengan banyak beristirahat dan mengkonsumsi makanan bergizi, khususnya yang mengandung banyak vitamin C.